Share

PROBOLINGGO KOTA – Sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku usaha dalam mewujudkan bisnis berkelanjutan dan peduli pada lingkungan sekitar, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo gelar acara penghargaan Corporate Social Responsibility (CSR) Award 2018 bagi perusahaan.

Pemkot Probolinggo menyelenggarakan ini melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) pagi tadi.

Kepala Bapedda dan Litbang Setda Kota Probolinggo, Rey Suwigtyo dalam laporannya mengatakan, acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan program CSR serta memberikan motivasi kepada perusahaan untuk melakukan pelaporan secara berkala dan berkelanjutan.

“Peran dan kontribusi dunia usaha sangat penting karena pemerintah tidak mungkin bisa sendirian menyelesaikan permasalahan sosial yang ada,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo, Hj Rukmini, dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa terima kasihnya dan mengapresiasi perusahaan yang ikut membantu dan bersinergi dalam membangun Kota Probolinggo secara konstruktif dan konsiten selama ini.

Hj Rukmini menjelaskan, pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan dengan baik, sebagai bentuk komitmen dari perusahaan untuk terus berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintahan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan pengentasan kemiskinan.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Probolinggo mendorong kepada pihak perusahaan, perbankan, BUMN, BUMD melalui dana CSR untuk berpartisipasi dalam pembangunan Kota Probolinggo,” paparnya.

Pemberian penghargaan ini juga bertujuan untuk memotivasi perusahaan yang sampai saat ini belum ikut berpartisipasi, serta untuk meningkatkan kesadaran dunia usaha akan arti penting laporan secara berkelanjutan.

Sementara itu, penerima CSR Award 2018 yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Rukmini diantaranya yaitu pada kategori perbankan diperoleh Bank BNI dan Bank Jatim. Kategori finance diperoleh FIF, kategori manufactur diperoleh KTI dan Eratex Djaja, kategori BUMN/BUMD diperoleh Pelindo dan Jasa Marga.

Sedangkan untuk kategori perdagangan diperoleh Indomarco Prismatama dan Giant, kategori jasa diperoleh Hotel Bromo View serta kategori media diperoleh PRO TV.

Acara yang digelar di Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo ini, diikuti oleh 30 dari 80 perusahaan di wilayah Kota Probolinggo yang telah melaporkan kegiatan CSR-nya pada tahun 2017. (afu)