JEMBER – Dalam rangka pengembangan desa menuju desa maju dan mandiri, Pemkab Jember mengadakan sosialisasi yang bertempat di Aula Pemkab Jember, Kamis (31/08).

Dalam sosialisasi tersebut, ditekankan adanya perbaikan data baru terhadap desa-desa. Karena itulah, juga ditekankan perlunya sinergitas dan penyelarasan antara pemerintah desa maupun daerah. Sehingga, dalam pemutakhiran data Indeks Desa Membangun tercapai sesuai dengan realitas yang ada.

Kadis DPMD Kabupaten Jember Heru Sunarso, mengatakan sosialisasi diadakan agar pemerintah daerah dapat mengetahui tentang status desa. “Maka dari itu saya berharap sebuah penyelarasan antara pemerintah Desa dan kabupaten. Dasar dari kegiatan sosialisasi ini Perda nomor 7/2014 dan RPJMD kabupaten Jember,” ucap Heru.

 

Baca Juga : Tekan Pengangguran, Pemkab Bondowoso Kirim 27 Pemuda ke Bekasi

 

“Dalam kegiatan ini kita ada 4 narusumber, mulai dari Dispermades, pendamping ahli Kabupaten, BAPPEDA dan dari Badan pusat statistik kanbupaten jember,” jelasnya.

Heru menambahkan, dalam acara sosialisasi juga diundang semua pihak. Mulai dari 226 Kepala Desa, 28 Camat, 28 Kasi PMD dan Kesos serta 114 pendamping desa se Kabupaten Jember. Di luar itu, dari BPS dan Bappeda juga ikut dalam kegiatan tersebut. “Sengaja kita kumpulkan semua instansi yang terkait dengan tujuan penyelarasan dan sinergitas dalm pemutakhirn data IDM ini,” imbuhnya.

Dirinya berharap dalam sosialisasi ini agar semua pihak terkait untuk betul-betul mengikuti secara seksama dan diperhatikan. Segingga dalam upaya pemutakhiran bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan untuk ke depannya. (mam)