Share

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso menyiapkan dana Rp 60 Juta untuk menyelenggarakan program mudik gratis 2017.  Program Mudik Gratis yang menggunakan APBD Kabupaten ini memasuki tahun kedua dilakukan.

Manurut Bayu Aji Prabowo, Kasi Angkutan Barang dan Orang, Dinas Lingkuhan Hidup dan Perhubungan Bondowoso, dari alokasi dana ini disiapkan tiga bus untuk mudik ke Madura dengan kapasitas tiap bus sekitar 150 orang. Dipilihnya daerah Madura saja, karena mayoritas masyrakat Bondowoso banyak yang mudik ke Madura.  “Nanti mudik ke Maduranya itu ke Sumenep dan Pamekasan,” katanya kepada Memo Indonesia.

Pendaftarannya sendiri sudah dibuka mulai akhir Mei lalu hingga 22 Juni 2017. Direncanakan keberangkatan akan dilakukam pada 23 Juni sekitar pukul 09.00 WIB. “Syaratnya yang mau ikut cukup fotocopy KTP dan KK,” jelasnya.

Ada pun, anggaran Rp 60 juta ini digunakan untuk alokasi tiga bus kelas bisnis, termasuk juga untuk konsumsi masyarakat dan berbagai keperluan keberangkat yang ditanggung oleh Pemkab.

 

Baca Juga : Implementasikan Visi Beriman, Dinas PUPR Intensif Gelar Kegiatan Keagamaan

 

Sementara itu, terkait mudik dan balik gratis yang diselenggarakan dengan APBD Provinsi tetap dilakukan tahun ini. Untuk Mudik Gratis, Bondowoso mendapat jatah dua armada bus, dan untuk balik gratis mendapkan jatah tiga armada bis. “Lebih banyak balik gratis karena biasanya  kalau sudah balik banyak yang bawa saudaranya ke kota untuk kerja. Biasanya urbanisasi itu,” katanya.

Untuk informasi, mudik dan balik gratis setiap tahun diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi sejak tahun 2012 dengan menggunakan alokasi dana dari Pemerintah provinsi. Sementara, Pemkab Bondowoso menyelanggarakan Mudik Gratis baru dua tahun terakhir ini dengan APBD Kabupaten. Mudik dan balik gratis ini diselenggarakan untuk menekan angka kecelakan serta kepadatan lalu lintas. (och/esb)