Share

BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Bondowoso mendapat jatah tambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada tahun 2020 hingga 47.177.

Kepala Dinas Sosial Amir Hidayat, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Bondowoso, Zaiful Bahri, usai mengikuti rapat persiapan penyerahan BPNT, di Aula Sabha Bina 1, Senin (20/4/2020), menerangkan, bahwa saat ini dari 47ribuan penerima tersebut telah selesai dilakukan verifikasi dan validisi. Dan saat ini tengah dalam proses pembuatan rekening kolektif.

“Sekarang dalam burekol ( Pembuatan Rekening Kolektif) dari BNI pusat,”ujarnya.

Sekretaris Daerah Syaifullah, di lokasi yang sama menerangkan, penerima kartu BPNT di Bondowosk mencapai sekitar 120ribuan untuk warga miskin.

Namun demikian, kata Sekda Syaifullah, dari data-data penerima manfaat ini disebut 10 persen diantaranya masih perlu diperbaiki agar tepat sasaran pada warga miskin.

 

Baca Juga : Waspadai Penularan Flu Burung, Ini Tindakan Pemkab Bondowoso

 

Karena itulah, pihaknya akan memperbaiki data tersebut dengan menyurati Kepala Desa melalui camat di masing-masing wilayah.

“Kalau sekarang, masih mungkin ya. Masih, saya diskusikan tadi pagi, belum pada miskin betul. Makanya saya bilang jangan menunggu Oktober, mungkin minggu depan sudah saya perbaiki data ini. Karena data ini, ada 10 persen yang harus diperbaiki. Dan itu laporan Kades juga kepada kita”urainya.

Informasi dihimpun, menerangkan bahwa jumlah penerima bantuan dari Kementrian Sosial di Bondowoso pada tahun 2020 mencapai 80.189 yang kartunya telah diterima oleh KPM. Jumlah ini secara terperinci merupakan penerima PKH dan BPNT. Diketahui juga, Bondowoso memperoleh tambahan penerima BPNT mencapai 47.177 pada tahun 2020.

Adapun dalam penanganan Covid-19, Pemkab Bondowoso memperoleh Bantuan Langsung Tunai (BLT) yakni 15.457 KPM.(och)