Share

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso telah menyiapkan pasokan gas LPG 3 Kg untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan menjelang hari raya idul fitri 1441 H.

Bagian Perekonomian Pemkab Bondowoso, Aris Wasianto, menjelaskan, jika terjadi kelangkaan pihaknya akan mengirim surat secara langsung kepada Pertamina untuk pengadaan fakultatif tabung gas elpiji.

“Jadi bisa mendroping gas elpiji kepada agen, agen kepada pangkalan. Jadi tidak dilakukan operasi pasar,” jelasnya, Selasa, (12/5/2020).

Menurutnya, saat ini keberadaan gas elpiji sudah berjalan normal di masyarakat. Meski beberapa waktu lalu sempat terjadi kelangkaan.

“Kelangkaan kemarin sudah teratasi dengan pengiriman 16.400 tabung,” teranya.

“Harga Eceran Tertinggi tetap ya. Pangkalan membeli dari agen Rp.14 ribu dan menjualnya Rp.16 ribu. Nah, pengecer ini yang jual semaunya karena dia tidak ada ketentuan HET, ” katanya.

 

Baca Juga : Jelang Lebaran, Pemkab Bondowoso Waspadai Peredaran Mamin Kedaluwarsa

 

Sementara adanya potensi melonjaknya harga jelang lebaran, Aris mengakui bahwa mekanisme pasar memang tidak bisa dikendalikan. Hanya jika terjadi kelangkaan, pihaknya meminta Bulog dan Diskoperindag untuk melakukan operasi pasar.

“Tujuannya untuk menurunkan harga karena ketersediaan di pasar cukup stabil,” tuturnya.

Untuk Harga jual sendiri tidak ada ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET). Namun biasanya masyarakat mendapatkan dengan sekitar Rp. 17 ribu hingga Rp. 18 ribu dari pengecer.

“Selama masih tidak sampai Rp. 19 ribu dan Rp. 20 ribu wajar. Pangkalan membeli dari agen Rp.14 ribu dan menjualnya Rp.16 ribu. Nah, pengecer ini yang jual semaunya karena dia tidak ada ketentuan HET, ” katanya.

Ia menegaskan, pemerintah tidak akan mentolerir siapapun yang melakukan penimbunan barang sehingga mengakibatkan kenaikan harga. Jika ditemukan adanya praktek penimbunan, pihaknya akan melibatkan aparat penegak hukum untuk mengambil tindakan dengan ancaman pidana.

“Jika nanti ada penimbunan akan ditindak oleh penegak hukum,”, pungkasnya. (abr)