Share

BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Bondowoso melalui Dinas Sosial akan memberikan bantuan bagi para pekerja terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Mereka di antaranya yakni tukang becak, pedagang kaki lima (PKL), pekerja cafe yang terpaksa tutup, pekerja bendi sopir dan kernet angkutan umum, pekerja mainan di Alun-alun Ki Bagus Asra, pedagang asongan di sekolah-sekolah.

KH Salwa Arifin Bupati Bondowoso, mengatakan, bantuan yang akan diberikan berupa uang tunai selama dua bulan ke depan.

Bantuan uang ini diberikan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat yang terdampak PPKM Darurat.

Kini, hal itu telah selesai dibahas melalui rapat koordinasi intern antar tim anggaran untuk menghindari kesalahan.

“Dengan adanya bantuan itu saya harapkan nantinya dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung oleh PPKM Darurat,” tuturnya.

Baca Juga : Pemkab Situbondo Salurkan Ratusan Paket Sembako kepada Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

Dihubungi terpisah, Plt. Kepala Dinas Sosial Saifuddin Suhri, menambahkan, anggaran tersebut akan diambilkan di APBD II kabupaten, dari BTT (Biaya Tidak Terduga) milik Bupati Bondowoso.

Adapun nilai bantuan untuk masing-masing penerima masih dirapatkan.

“Untuk penyaluran nanti, kami pastikan tidak akan terjadi tumpang tindih batuan, karena data yang ada sudah kami cek dan diverifikasi,” ujarnya.

Dia menegaskan walaupun sopir angkot menjadi sasaran bantuan kalau sudah mendapatkan bantuan maka tidak akan dapat dari program itu.

“Bantuan ini murni untuk yang terdampak PPKM Darurat. Dalam minggu ini akan terealisasi,” imbuh pria yang akrab disapa Suhri itu.

Adapun terperinci jumlah penerimanya yakni
sopir dan kernet angkot 130 orang, PKL dan pedagang asongan di Alun-alun Bondowoso 303 orang.

Kemudian, PKL dan pedagang asongan di Jembatan Ki Ronggo 29 orang, PKL dan pedagang asongan di SMAN 2 Bondowoso 21 orang, tukang becak 59 orang, pekerja bendi wisata 11 orang.

Termasuk juga pekerja permainan anak di Alun-alun 50 orang dan karyawan Cafe 150 orang.(och)