BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso membentuk Desk Pilkada yang secara khusus bertugas untuk memberikan dukungan pelaksanaan Pilkada 2018.

Menurut Bupati Amin Said Husni, saat memberikan pemaparan dalam acara Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu 2019 di Cafetaria Hotel Palm, Minggu (1/10), desk Pilkada yang telah dibentuk ini diharapkan bisa menginvetarisasi, memberikan saran dan penyelesaian permasalahan dengan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso

“Dukungan pendanaan untuk Desk Pilkada dan penyelenggaraan Pelantikan Bupati/Wabup Terpilih senilai Rp 900 jt,” ungkapnya.

Karenanya, Bupati Amin berharap terus melakukan monitoring perkembangan situasi kondisi sosial politik di kecamatan se Kabupaten Bondowoso

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Amin menegaskan bahwa dirinya telah melakukan pre-conditioning di lingkungan internal Pemkab agar seluruh jajaran Pemkab para pejabat dan PNS untuk bisa menjaga netralitasnya di dalam pelaksanaan Pemilu

 

Baca Juga : Syarat Minimal Dukungan Paslon Pilkada Bondowoso Disahkan

 

“Sehingga bisa menjamin pelaksana Pemilu berkualitas dan pemerintah memberikan pelayan secara adil kepada semua masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Dinas Kependudukan  dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso telah menyiapkan data konsolidasi bersih penduduk Bondowoso. Berdasarkan data dari Dispendukcapil ditemukan total penduduk Kabupaten Bondowoso yang terekam dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) per 30 September 2017 (online) sejumlah 781.753 jiwa.

Diperoleh dari total DKBP Bondowoso yang berusia 17 Tahun ke atas ditambah penduduk usia kurang dari 17 Tahun tetapi sudah/pernah nikah dikurangi penduduk yang berprofesi sebagai TNI/Polri, diperkirakan sejumlah 604.187 jiwa. Data inimasih perkiraan, dan penentuan final tentunya masih perlu dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Bondowoso. (och)