BANYUWANGI – Mall of Sritanjung (MOST) di Banyuwangi yang ditutup oleh Pemkab setempat sedianya akan dialih fungsikan sebagai pusat pelayanan masyarakat. Sebelumnya, pengelolaan MOST ditangani PT Dian Graha Utama (DGU), namun karena dinilai tidak menyetorkan pajak dan bagian Pemkab setempat, hak kelola ditarik, dengan melalui proses panjang sampai ke ranah hukum.

Asisten Pemerintahan (Aspem) Pemkab Banyuwangi, Choiril Ustadi Yudawanto, mengatakan lokasinya yang strategis akan memudahkan masyarakat yang beraktivitas di pusat kota memanfaatkan mall sebagai pelayanan publik untuk kebutuhan mereka.

“Berbagai bentuk layanan masyarakat, seperti pengurusan surat keterangan tidak mampu, pengajuan beasiswa, dan lainnya akan dibuka disitu,” ucap Ustadi, Rabu (12/7) siang tadi.

Tidak hanya pelayanan publik, nantinya bangunan tiga lantai itu, akan dilengkapi perpustakaan yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi taman baca masyarakat. Ustadi mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan gedung mall sepenuhnya untuk melayani kepentingan masyarakat.

 

Baca Juga : KKN, Mahasiswi Untag Alami Pelecehan Seksual

 

Terkait perkara hukum dengan PT DGU yang belum tuntas, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya menyerahkan kepada kepala-kepala dinas terkait. Meskipun secara hukum kasus telah dimenangkan Pemkab Banyuwangi, dia mengintruksikan agar kepala pejabat  melakukan komunikasi yang baik dengan PT DGU, hingga persoalan tuntas.

“Saya minta membangun komunikasi dengan pengelola yang dulu agar semuanya selesai dengan baik,” kata Anas.

Sebelumnya Mall of Sri Tanjung (MOST) diberitakan telah dieksekusi untuk dikosongkan, setelah pengelolaannya. Secara hukum, mall tersebut kembali pada pada Pemkab Banyuwangi dari PT DGU.

Terkait hal ini, selama empat tahun lebih bangunan mall mangkrak, sedangkan pihak pengelola juga terus melakukan perlawanan kepada Pemkab Banyuwangi di Pengadilan Negeri setempat. Saat ini Proses evakuasi Mall of Sri Tanjung yang dijaga ketat oleh aparat keamanan di sebelah timur Taman Sritanjung Banyuwangi. (mam)