Share

BONDOWOSO – Satgas Pajak Kabupaten Bondowoso melakukan penyegelan lanjutan papan reklame yang tidak membayar pajak, Kamis (25/11/2021).

Sejumlah papan reklame yang disegel, tengah memuat iklan sejumlah politisi daerah hingga pusat. Salah satunya politsi Partai Nasdem Achmad Fadil Muzakki Syah.

Sebenarnya pemasang iklan sudah membayar kapada pemilik papan reklame. Hanya saja pemilik papan reklame belum melunasi pajaknya.

Namun dengan penyegelan itu, justru foto Anggota DPR RI tersebut tertutupi karena sebenarnya penyewa sudah bayar.
Pihak partai pun tidak terima iklannya tertutup, karena mereka merasa sudah sesuai prosedur. Akhirnya Nasdem meminta pihak advertising untuk membuka penyegelan tersebut.
Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso, Mudahar Abusiri, pihaknya sudah menyelesaikan pembayaran ke pihak pemilik reklame.

Baca Juga : Tertibkan Reklame Nakal, Poster Politisi Nasdem Disegel

“Terkait urusan pajak kepada Bapenda Kabupaten Bondowoso itu urusan mereka (pemilik papan), dan sepertinya hari ini sudah diselesaikan setelah kami komplain. Kita sudah menyelesaikan kewajiban kita,” jelasnya.

Sementara itu, pemilik reklame, Imam, menyebut akan segera membayar pajak yang telah ditunggak. Namun, ia sedikit kecewa kepada Bapenda karena sebelumnta tak pernah mengirim surat peringatan terlebih dahulu sebelum dilakukan penyegelan.

“Beso diurus orang saya, harusnya kita disurati dulu dikasih SP 1 ,2 ,3 dan selama ini kalau politik itu tidak bayar pajak, kalau bayar pajak caleg dan cabup dan cawabup juga harus bayar. Besok diurus orang saya,” terangnya lewat pesan singkat.

Sementara Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Dodik Siregar mengatakan, pemilik reklame datang ke Bapenda setelah penyegelan. Namun pihaknya tidak bisa memastikan apakah sudah bayar atau tidak.

“Sore ini, apakah titip ke teman-teman. Sudah pulang saya. Rencana tadi sudah mau bayar, yang Ra Fadil,” jelasnya.
Pihaknya akan mengkroscek kembali. Mengingat Bank sudah tutup. “Sekitar dua tahunan tidak bayar (papan reklame),” imbuhnya.

Namun untuk pembukaan segel di papan reklame seharusnya Satgas Pajak yang melakukan. “Seharusnya ini tim,” jelasnya.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, total ada 47 papan reklame di Bondowoso yang menunggak pajak hingga tiga tahun. Namun beberapa sudah membayar. Bagi yang tidak membayar akan disegel oleh Satgas Pajak. (abr)