Share

SITUBONDO – Pemerintah Desa (Pemdes) Mlandingan Kulon, Kecamatan Mlandingan, Situbondo, menggelar pawai budaya dan petik laut, Sabtu, 24 Februari 2024. Tujuan dari acara tersebut untuk melestarikan tradisi yang sudah melekat di masyarakat.

Kepala Desa Mlandingan Kulon, Hafid Efendi mengatakan, pawai budaya digelar dengan mengelilingi jalan desa setampat dan diikuti oleh ratusan masyarakat. “Ini menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan pada ritual petik laut dan selamatan Desa Mlandingan Kulon. Alhamdulillah warga sangat antusias,” ujarnya.

Baca Juga : PHIG dan DLH Kolaborasi Beri Edukasi HSN 2024 dengan Pasang Puluhan Biopori di Hutan Kota Bondowoso

Hafid melanjutkan, peserta pawai budaya menggunakan pakaian unik, sehingga menjadi tontonan gratis bagi warga. Meski matahari panas menyengat, namun kondisi tersebut tidak menyurutkan ratusan warga untuk menonton pawai budaya.

“Ini sudah tradisi tahunan untuk menyambut selamatan Desa Mlandingan Kulon. Harapannya Desa Mlandingan Kulon ke depan lebih baik dan masyarakat semakin rukun, guyub serta selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Mlandingan, Akhirat Syahada Alam mengungkapkan, kegiatan petik laut dan selamatan desa ini merupakan kegiatan turun temurun yang mengandung nilai tradisi dan budaya masyarakat setempat.

“Misalnya prosesi petik laut yang dilakukan masyarakat Desa Mlandingan Kulon sudah ada sejak jaman nenek moyang. Dalam prosesi petik laut tersebut, masyarakat nelayan melakukan ritual unik dan memanjatkan rasa syukur atas limpahan rezeki,” beber Mantan Sekretaris Dinas Sosial Situbondo ini. (Ozi)