Share

BONDOWOSO – Sejumlah pembatik di Kabupaten Bondowoso turut berpartisipasi dalam penanganan pencegahan virus Corona (Covid-19). Dengan kemampuan yang dimiliki, mereka membuat masker bermotif batik untuk kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Koordintor Pengerajin Batik Kecamatan Tamanan, Andriyanto, menyampaikan, pembagian masker batik gratis sebagai bentuk dedikasi para pengrajin batik Bondowoso untuk membantu masyarakat yang membutuhkan masker ditengah pandemi Covid-19.

“Ini merupakan inisiatif  Anggota Pegrajin yang ada di Tamanan untuk membuat masker batik. Karena masker sakerang  sangat sulit di  dapat ,apalagi pemerintah Sakarang mewajibkan pakek masker,” jelasnya, Jumat (10/4/2020).

Andryanto mengatakan, pembagian masker tersebut juga untuk memotivasi masyarakat yang memiliki kemampuan untuk berbagi juga turut melakukan hal yang sama. Yakni memberikan masker kepada masyarakat secara gratis.

“Kami berharap di saat  seeperti ini mungkin masyarakat yang mampu kemudian masyarakat yang mampu  beli masker  dan bisa membagikan masker  untuk mencegah virus Corona ini intinya,” harap pengrajin Ijen Batik itu.

 

Baca Juga : Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi, Bank Jatim Dukung Pertanian Hidroganik ISNU di Gayam

 

Sementara Nazila, pemilik Nusantara Batik berharap masker yang di berikan bisa meringankan masyarakat untuk mendapatkan masker yang sangat langka dan bisa membatu pemerintah daerah dalam pencegah penyebaran Covid-19.

“Semoga dengan adanya inovasi ini tidak hanya momentum mewabahnya Coved 19 , tapi juga di produksi jangka panjang, karna pengunaan masker ini baik untuk kesehatan sekaligus melindungi orang yang sakit agar tidak menularkan bagi yang sehat,” ucpnya.

Setidaknya ada seratusan masker batik yang diberikan dengan berbagai macam motif. Sasaran pembagian masker adalah penarik becak, tukang ojek dan masyarakat yang kebetulan melintas di jalan raya di sekitar pasar tananan. (abr)