BONDOWOSO – Panggunaan data yang valid dan berkualitas sangat diperlukan dalam mendorong dan membantu pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Untuk itulah, partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk tersajinya kesempurnaan data yang valid dan berkualitas tersebut.

Hal itu mengemuka dalam focus group discussion penyusunan Kabupaten Bondowoso Dalam Angka 2017 di Hotel Palm, media pekan lalu (6/4/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut pimpinan BPS Bondowoso, perwakilan Pemkab Bondowoso dan sejumlah stakeholder lainnya.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bondowoso, Dandut Supriyanto, pembangunan daerah perlu data berkualitas. Sejauh ini pihaknya menggunakan dua sumber data kami. Yaitu data primer di BPS dan data sekunder di berbagai instansi.

Dengan diadakan kegiatan tersebut, diharapkan terjalin kerjasama lebih baik dengan Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso. selain itu nantinya bisa tersaji data yang lebih valid. “Untuk mendapatkan data berkualitas dan lebih valid tidak hanya bersumber dari BPS tapi juga perlu sumber lintas sektoral,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya juga berharap agar seluruh elemen masyarakat bersedia meningkatkan partisipasinya. Khususnya dalam bersama-sama mendorong tersajinya data berkualitas. “Kalau ada kegiatan survei-survei masyarakat tidak perlu takut, terutama pengusaha tidak perlu kawatir apalagi takut. Kami jamin kerahasiaannya sebab ekpose atau output datanya kolektif bukan orang perorangan,” pungkas Dandut. (mc/esb)