Share

BONDOWOSO – Pesta demorkasi desa serentak di Bondowoso telah usai. 171 desa yang melakukan Pilkades serentak pun telah mendapatkan hasil Cakades terpilih.

Berdasarkan tahapan jadwal Pilkades serentak 2021, pelantikan akan dilaksanakan pada 16 Desember 2021 mendatang.

Namun karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, pelantikan Kades terpilih ini rencananya akan dilakukan secara virtual.

Demikian dituturkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten, yang juga Sekretaris Panitia Pilkades serentak Kabupaten, Haeriyah Yuliati dikonfirmasikan, Rabu (24/11/2021).

Ia menyebutkan pelantikan secara langsung hanya akan diwakilkan oleh beberapa Kades terpilih. Sementara sisanya, akan mengikuti secara virtual di masing-masing kecamatan.

Baca Juga : Di Bondowoso, Belum Ada Satu Pemdes pun yang Mengisi Data Evaluasi Perkembangan Desa

“Kita menyesuaikan dengan situasi saat ini dimana kita masih berada dalam level 3. Maka tidak bisa pelantikan secara tatap muka menyeluruh. InsyaAllah kita akan melakukan secara virtual,” tuturnya.

Disinggung tentang gugatan hasil pemilihan, kata Haeriyah, hingga saat ini panitia kabupaten belum menerima surat resmi gugatan hasil pemilihan.

Namun, pihaknya tak memungkiri adanya beberapa calon yang tampaknya tidak puas dari hasil pemilihan.

“Informasinya juga masih melakukan komplain terhada panitia desa. Tapi surat secara resmi kepada kami belum ada,” pungkasnya.(och)