BONDOWOSO – Ribuan pelajar menyambut kirab para pejabat Bondowoso dalam rangka Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke-198, Rabu (19/7/2017). Para pelajar tersebut rela berpanas-panasan dan berdesakan untuk untuk menyambut Bupati Bondowoso dan jajarannya.

Kirab tersebut dimulai dari Pendapa Bupati menuju makan Ki Bagus Astra, Blindungan. Beberapa sekolah yang terlibat merupakan sekolah yang berada di sepanjang rute kirab. Di antaranya, MI At-Taqwa, SDN Dabasah 1, SDN Sekarputih 2, dan SMK PP Tegal Ampel.

Meski berdesakan dan panas karena terik matahari, Suwandono, Kepala sekolah SDN Sekarputih 2, tak henti-hentinya memberikan semangat kepada para calon penerus bangsa untuk mengayunkan bendara merah putih yang mereka pegang. Sebagai wujud kecintaan mereka terhadap bangsa Indonesia. “Tidak apa-apa meskipun cuaca sedang panas. Ini saya dan guru – guru yang lain juga mendampingi. Sepertinya anak-anak malah seneng tuh kelihatannya nonton kirab,” kata Susanto.

 

Baca Juga : Harjabo Jadi Ajang Pamer Kreasi Anak Muda Bondowoso

 

Susanto menuturkan, dirinya mengajak anak didiknya karena ingin memberi pemahaman tentang bagaimana menghargai sejarah Bondowoso. Mulai dari mengetahui siapa Bupatinya dan pemimpin dahulu yang telah berjasa membangun Bondowoso. “Biar mereka faham juga seperti apa Kabupaten, dan gambaran pemimpin Bondowoso,” tandasnya.

Selain itu, iringan kirab juga dimeriahkan Drumband Satuan Musik Bondowoso, penampilan budaya dari puluhan sekolah tingkat SMP dan SMA.

Kepala Dinas Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Harry Prantiono mengatakan, kirab tersebut adalah pemuka dari acara Harjabo ke-198. Setelah kirab usai, acara akan dilanjut dengan malam penampilan berbagai budaya Bondowoso. “Berbagai kebudayaan dan kesenian akan ditampilkan setelah Kirab ini untuk memeriahkan Hari Jadi Bondowoso ke-198,” pungkasnya. (abr)