Share

BONDOWOSO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, mengirimkan bantuan logistik dan dua orang agen bencana untuk membantu bencana alam Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru Kabupaten Lumajang.

Bantuan logistik yang dikirimkan di antaranya yakni sembako, terpal, selimut, bantal, susu dan air bersih 10.000 liter.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan mengatakan, bantuan diberikan tak lain untuk bisa meringankan kebutuhan dasar warga yang jadi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

“Logistiknya dikirim langsung ke posko utama bantuan, di Pendapa Kabupaten Lumajang, dan berkoordinasi dengan BPBD Lumajang,” ujarnya.

Baca Juga : Peduli Semeru, Pemkab Situbondo Kirim Bantuan Sembako dan Personel Gabungan

Disinggung untuk memastikan lokasi penyerahan bantuan tepat, Dadan menyebut bahwa pihaknya terus berkoordinasi di grup BPBD se-Jawa Timur.

“Nanti diarahkan poskonya di mana. Langsung ke pendopo Lumajang. Pemerintah Lumajang yang menyalurkan,” paparnya.

Dadan juga memaparkan, bahwa pihaknya tidak mengirimkan banyak personel untuk membantu di sana. Personel dipersiapkan bersiaga di Bondowoso karena beberapa hari terakhir juga terjadi bencana.

“Yang kita perbantukan itu agen bencana sebanyak dua orang. Apabila cuaca di Bondowoso diperkirakan aman, kami akan kirimkan lagi personel untuk membantu penanggulangan bencana akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang,” pungkasnya.(och)