Share

BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso resmi membuka pendaftaran calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten pada 4 Juli 2018. Hingga hari ketiga, Jum’at (6/7) masih belum satu pun calon mendaftaran diri ke komisi penyelenggara pemilu itu. Walaupun tampak di beberapa kantor DPC sejumlah partai di Bondowoso menyatakan membuka pendaftaran bacaleg melalui partai masing-masing.

Junaidi, Komisioner KPU Divisi Hukum, pada Memo Indonesia, Jum’at (6/7), menjelaskan, bahwa ada 16 tahapan yang harus dilalui oleh para pendaftar sebelum akhirnya benar-benar ditetapkan sebagai caleg.

Adapun setiap partai politik yang sudah masuk dan memiliki nomer, bisa mendaftarkan bakal caleg dengan jumlah 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap dapil. Kemudian disusun dalam daftar bakal calon yang wajib memuat kerterwakilan perempuan dengan jumlah 30 persen di setiap dapil.

“Untuk penyusunan jumlah kursi yang ditetapkan di setiap dapil Kita kan kursi 45, jadi 100 persennya per dapil setiap per parpol itu sembilan orang yang 30 persennya itu adalah perempuan,” urainya.

Lebih jauh Ia menjelaskan, dalam PKPU yang baru terkait pendaftaran caleg ini terdapat sejumlah peraturan baru, seperti bacaleg dipastikan bukan eks narapidana kasus korupsi, kejahatan seksual terhadap anak, serta bukan mantan terpidana bandar narkoba.

Di samaping itu, setiap pendaftar juga dipastikan tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh hukum tetap yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkuatan hukum tetap.

“Artinya orang yang sudah terlibat dan terpidana lebih dari lima tahun. Itu ada spesifikasinya antara lain. Pidana tentang perlindungan anak, koruptor dan lima tahun penjara. Tuntutannya begitu. Kalau di bawah itu boleh,” urainya.

Berdasarkan informasi dari situs web resmi KPU RI, ada 16 tahapan yang harus dilalui calon anggota DPR, anggota DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Pertama, tahap pendaftaran yang dibuka mulai hari ini hingga 17 Juli 2018.

Kemudian, akan ada verifikasi administrasi bakal calon pada 5 sampai 18 Juli 2018. Hingga terakhir nanti pengumuman DCT pada 21-23 September 2018. Adapun pemilihan legislatif (pileg) akan dilaksanakan serentak pada Rabu, 17 April 2019 di seluruh Indonesia. (och)