BONDOWOSO – Ribuan pelajar di Kabupaten Bondowoso menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1439 H dengan mengikuti Pawai Ta’aruf, Senin (14/5). Pawai yang digelar setiap tahun oleh Pemerintah daerah ini, pada tahun 2018 sekarang, menempuh rute sepanjang sekitar 1 kilometer.

Tampak pelajar dari 18 lembaga pendidikan setingkat SD/MI, SMP/Mts, dan MAN itu, mengusung tema religius yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan konsep tarian, ada pula yang menceritakan tentang perang badar, musik patrol, dan bahkan ada yang menceritakan setan yang diikat dengan rantai besi.

Momen setahun sekali ini pun mengundang bercak kagum, bahagia, serta senang masyarakat, khususnya umat muslim. Terbukti, di lokasi display dan sepanjang rute yang di lewati oleh peserta pawai, ramai dipadati warga Bondowoso. Setiap peserta di Pawai yang mengangkat tema ” Membangun Mental Spiritual Menuju Pribadi Berakhlakul Karimah,” itu, diberi waktu sekitar lima menit untuk melakukan atraksi di hadapan Forpimda dan penonton.

Plt Sekretaris Daerah Bondowoso, Karna Suswandi, saat menyampaikan sambutan, mengajak masyarakat Kota Tape ini untuk menyambut Ramadan dengan suka cita dan penuh kebahagiaan. Sehingga ketika masuk bulan Ramadan ini bisa diikuti dengan sebaik-baiknya.

Di samping itu, menurutnya, pawai Ta’aruf ini merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan hubungan yang harmonis antar agama. Maupun juga di dalam umat beragama itu sendiri.

“Antara islam dengan yang lain, antara sesama muslim juga. Oleh karena itu, mari kita ciptakan Bondowoso yang betul-betul aman, damai, dan bisa hidup toleran,” ujarnya.

Ia pun menegaskan bahwa keamanan di Bondowoso harus dijaga bersama-sama. Jangan sampai kejadian yang ada di kabupaten lain atau pun yang terjadi di Jawa Timur ini terjadi di Bondowoso.

“Karena hanya dengan hidup toleran, kebersamaan, kita akan bisa membangun Bondowoso kedepan betul-betul maju, dan membawa masyarakat ke arah yang lebih sejahtera,” terangnya.

Tampak hadir, Ketua MUI Bondowoso KH. Asy’ari Fasya, Asisten 1 Sekda Bondowoso Agung Tri Handono, sejumlah perwakilan Polres Bondowoso, dan Kodim 0822 termasuk sejumlah kepala OPD. (och)