Share


BONDOWOSO – 50an mobil hias dari berbagai instansi pemerintah, ormas, Perbankan, TNI, Polri dan lembaga Pendidikan ramaikan kegiatan Pawai Pembangunan dalam rangka peringatan hari Kemerdekaan RI ke 73 di jalanan kota Bondowoso, Senin (13/8). Menariknya, pelaksanaan tahun ini pun juga turut diramaikan dengan ratusan orang yang berdandan mengenakan pakaian adat, pakaian pemuka agama, pekerja, dan sejumlah penampilan menarik yang menunjukkan keanekaragaman suku bangsa Indonesia, sekaligus pembangunan yang ada di kabupaten yang dikenal sebagai penghasil kopi ini.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, pawai pembangunan biasanya hanya diisi dengan mobil-mobil hias yang hanya mengedepankan kreatifitas hiasan roda empat. Kali ini juga diikuti dengan peserta yang berjalan kaki melintasi rute sekitar.

 

Endang Hardiyanti, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menguraikan, pawai ini menjadi salah satu saran untuk memberikan hiburan yang kreatif, inovatif, dan edukatif. Ekaligus memberikan ruang kepada para seniman untuk mengaktualisasikan potensi mereka.

“Termasuk menginformasikan capaian pembangunan kabupaten Bondowoso, sehingga masyarakat dapat mengetahui kemudian ikut berpartisipasi dan mengakseshasil pembangunan. Termasuk memperkokoh jiwa patriotisme dan cinta tanah air,”urainya.

Sementara itu,Bupati Amin Said Husni, saat membuka acara tersebut menerangkan, pawai pembangunan selain untuk menyemarakkan peringatan Proklamsi Kemerdekaan RI ke 73. Sekaligus juga untuk menyampaikan informasi tentang pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Bondowoso dan masyarakat, serta elemen-lemen lainnya.

Diharapkan, penampilan para delegasi peserta ini bisa menggambarkan apa yang dilaksanakan oleh pemerintah dan capaian-capaian pembangunan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk seluruh masyarakat maupun para peserta. dirgahayu kemerdekaan Indonesia,”tutupnya.

Pantauan di lapangan, ada mobil hias yang memvisualisasikan kopi yang saat ini menjadi salah satu produk unggulan Bondowoso. Ada pula yang menggambarkan sebuah pesawat lengkap dengan pilotnya. Pesawat tersebut menggambarkan upaya Bondowoso untuk lepas dari daerah tertinggal. Serta masih banyak hiasan mobil yang sedap di pandang mata.(och)