BONDOWOSO – Jumlah pasien positif Corona di Bondowoso terus bertambah. Sehari setelah ada pengumuman bertambah tiga orang. Kini, dua lagi terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan begitu total pasien positif Covid-19 di Bondowoso mencapai delapan orang. Dua diantaranya telah sembuh.

M. Imron, Kepala Dinas Kesehatan, sekaligus juru bicara penanganan Covid-19 kabupaten Bondowoso, saat konfrensi pers, di Aula Dinkes, Minggu (10/5/2020), menerangkan, pasien positif Covid yang baru yakni A (34) dan anaknya M (2).
Mereka merupakan menantu dan cucu dari pasien sembuh Covid-19, D (52) istri seorang pejabat Pemkab Bondowoso.

Adapun pasien positif covid-19 lainnya yakni K-anak ketiga, AN-anak pertama dari pasien sembuh D, warga Kelurahan Nangkaan itu.

 

Baca Juga : Dua Orang Santri dan Anak Sulung Pejabat Dinyatakan Positif Covid-19

 

 

Kemudian, dua santri Ponpes Temboro, Magetan asal Kecamatan Maesan, juga terkonfirmasi virus corona.

“Semuanya kini dirawat di Klinik Paru dan Jantung,”katanya.

Ia menegaskan bahwa semua pasien positif Covid-19 yang diisolasi itu dalam kondisi klinis yang sehat.

Untuk kluster Covid-19 Temboro, kata Imron, sebenarnya ada sekitar 16 santri yang pulang dengan dijemput keluarga. Semuanya telah dirapid, dan tiga orang yang hasil rapidnya menunjukkan reaktif. Artinya yang lainnya non reaktif sampai pada rapid test ke dua.

“Termasuk kontak erat keluarga dua pasien Covid-19, kita rapid dua kali juga hasilnya non reaktif,”pungkasnya.

Sebelumnya, diterangkan bahwa ada enam orang yang rapidnya menunjukan reaktif dan diisolasi di Klinik Paru. Kini, swab terhadap empat pasien diantaranya telah keluar. Yakni, dua santri dan A dengan anaknya yang masih balita M yang hasilnya positif. Kemudian, satu pasien reaktif berinisial V-istri dari pasien A, hasilnya negatif.

Kendati demikian, semuanya saat ini tetap menjalani isolasi di Klinik Paru dengan mengacu pada protokol tetap penanganan pasien Covid-19.(och)