Share

 

BONDOWOSO – Belum sampai 24 jam kebakaran terjadi di Pasar Induk Bondowoso, Bupati Salwa Arifin turun langsung meninjau los-los yang telah hangus dan nyaris rata dengan tanah, Jum’at (12/10).

Tampak mendampingi, Wabup Irwan Bachtiar Rahmat, Kapolres Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Komandan Kodim 0822 Letkol Inf. Tarmuji, dan Plt. Sekda Karna Suswandi.

Pantauan di lapangan, Bupati Salwa Arifin melihat secara keseluruhan los-los yang sudah hangus terbakar itu. Bahkan, Ia sempat melewati puing-puing kayu yang berseraka. Sesekali, Ia berbincang dengan masyarakat dan pemilik kios.

Bupati Salwa Arifin, melalui Plt. Sekda Karna Suswandi, menerangkan, untuk sementara pedagang yang losnya terbakar ditampung terlebih dahulu di bagian pasar induk lain. Dengan mengutamakan proses jual beli yang bisa berlangsung dengan baik.

“Tidak ada bantuan yang diberikan ke pedagang. Yang jelas kita akan berusaha untuk membangun kembali,” kata laki-laki yang juga Kepala Dinas PUPR itu.

Menurutnya, pedagang yang berjualan di lokasi kebakaran mencapai 82 orang.

“Kalau ini dibuat lantai dua. Saya pikir semua yang ada di luar bisa tertampung semua. Jadi, ke depan kita berharap, jalan ini fungsinya menjadi jalan semua. Tidak ada lagi pedagang yang berjualan di jalanan lagi. Toko-toko yang ada di pinggir, semuanya bisa terbuka lebar, dan bisa berjualan dengan baik,” katanya pada awak media.

 

Baca Juga : Lagi, Pasar Induk Dilalap si Jago Merah

 

Oleh karena itu, kata Karna Suswandi,
pihaknya akan mencoba membuat grand design pasar induk sebelah timur ini, agar para pedagang yang ada di luar bisa tertampung.

“Kita masih merencanakan itu dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perintah Bupati dan Wabup agar grand designnya dibuat terlebih dahulu sambil kita melakukan pelaksanaan pembangunan secara bertahap,” pungkasnya.

Untuk informasi, Pasar Induk Bondowoso kembali dilalap si jago merah, sekitar 21.05 WIB, Kamis malam (11/10).

Kali ini kebakaran terjadi di sekitar pasar tempat berjualan ikan laut, dan kelapa. Tepatnya sekitar 200 meter dari pintu masuk pasar dari arah selatan.

Api yang melalap hampir empat kios itu baru bisa dipadamkan setelah tiga mobil damkar dikerahkan.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Akan tetapi, kerugiannya juga masih belum diketahui, hanya saja empat los hangus terbakar bahkan rata dengan tanah. Keterangan dari pihak kepolisian, bahwa dugaan awal penyebab kebakaran adalah kompor. Namun kepastiannya masih menunggu hasil penyelidikan dari tim forensik.(och)