Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo saat membuka turnamen futsal antar kelompok kerja (POKJA) wartawan guna memperebutkan Piala Gubernur Jatim Tahun 2017 di lapangan Futsal Gool Mangga Dua, Jl. Jagir Surabaya, Selasa (19/9) kemarin.

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo membuka secara resmi turnamen futsal antar kelompok kerja (POKJA) wartawan guna memperebutkan Piala Gubernur Jatim Tahun 2017 di lapangan Futsal Gool Mangga Dua, Jl. Jagir Surabaya, Selasa (19/9) kemarin.

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo dalam sambutannyamengatakan, Turnamen ini tujuannya untuk memperingati Hadi Jadi Provinsi Jatim ke-72, sekaligus sebagai ungkapan terima kasih kepada para wartawan yang ikut berkontribusi aktif dalam menjaga situasi aman dan nyaman di Jatim.”Peran media, menurut statistik, telah memberi kontrbusi paling aman dan nyaman di Jatim. Terima kasih telah menjaga dinamika Jatim dengan luar biasa, tidak direm, tapi juga tidak keblabasan. Dinamika tetap ada, tapi berkat peran media, Jatim tetap aman dan nyaman,” katanya.

Menurutnya,wartawan dan masyarakat Jatim punya ciri khas yaitu memiliki jiwa petarung, karena itu, Pakde Karwo berpesan agar media mampu menjaga dinamika di Jatim dengan bijak. “Ibaratnya, jangan dikasih balok es karena dingin sekali, Tapi juga jangan dibakar di rumput yang mudah terbakar. Jadi kelola dinamika itu dengan baik,” ujarnya.

Di turnamen ini,Diungkapkannya merupakan cermin atau citra dari wartawan. Karena itu,Diminta agar seluruh peserta mampu menjaga semangat sportivitas dan kekompakan. “Bermainlah dengan sungguh-sungguh tapi juga jaga sportivitas dan kekompakan. Jika sedikit saja agak emosional, apalagi sampai ricuh, maka penilaian masyarakat akan tidak bagus,” ungkapnya.

Jika penyelenggaraan turnamen ini sukses,Ditambahkannya kedepan dirinya akan menggelar turnamen ini dengan skala lebih besar. “Saya berharap  pesertanya seluruh 38 kabupaten/kota agar lebih ramai.Selamat bertanding, semoga sukses.Futsal Jaya!! Jawa Timur Jaya Luar Biasa!!,” pungkasnya.

 

Baca Juga : Enam Tim Pokja Wartawan Jatim Ramaikan Futsal Piala Gubernur Jatim

 

Sementara itu,Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Ahmad Munir mengatakan, futsal merupakan olahraga favorit dari rekan-rekan wartawan. Karena itu, hadirnya turnamen ini disambut dengan baik oleh wartawan.“Kami punya jadwal rutin latihan futsal tiap hari selasa dan jumat, serta komunitas-komunitas wartawan yang hobi futsal. Komunitas itu menyebar di pos masing-masing wartawan, dan seluruh pos tersebut, khususnya yang ada di Surabaya dan sekitarnya seluruhnya ikut dalam turnamen ini,” katanya.

Untuk hasil akhirnya,Ditambahkannya menang atau kalah itu hal yang biasa,Diharapkan tetap mrnjunjung tinggi nilai sportivitas. “Jagalah marwah wartawan, jagalah profesi kita, jangan berbuat hal negatif. Selamatbertanding,” pungkasnya.

Disisi lain,ketua panitia turnamen yang juga menjadi ketua Pokja wartawan Pemprov Jatim, Fiqih Arfani memberikan apresiasi atas terselenggaranya turnamen ini. “Selama 72 tahun Jawa Timur ada, baru sekarang digelar turnamen futsal ini. Semoga tahun-tahun berikutnya tetap berlanjut. Terima kasih Pakde,” ujarnya.

Sekedar diketahui,turnamen ini digelar selama sebulan, dimulai 19 September hingga 10 Oktober 2017, diikuti sebanyak 16 pokja wartawan dari seluruh Jatim, dan total hadiahnya sebesar Rp. 35 juta.

Pembukaan diawali dengan tendangan penalti Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim yang langsung masuk ke gawang Tunggal, kiper dari Pahlawan FC, pokja Pemprov Jatim, salah satu tim peserta. Keberhasilan Pakde Karwo mencetak gol tersebut disambut meriah para peserta dan penonton.Hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin , Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, para kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, ratusan supporter, serta puluhan wartawan yang meliput. (sga)