Pakde Karwo saat memberikan penghargaan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di Gedung Negara Grahadi, Selasa (2/5) pagi

SURABAYA – Peran aktif pelaku pendidikan mutlak diperlukan semua pihak demi tercapainya cita-cita bangsa agar Indonesia menjadi unggul dalam ilmu pengetahuan. Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di Gedung Negara Grahadi, Selasa (2/5) tadi pagi.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengapresiasi semua pihak yang telah berperan dalam dunia pendidikan. “Izinkan saya menyampaikan apresiasi pada semua pihak, pada semua pelaku pendidikan dimanapun berada, yang telah ambil peran aktif untuk mencerdaskan saudara sebangsa,” ujarnya.

Melalui momentum peringatan Hardiknas, Pakde Karwo mengajak semua masyarakat untuk meresapi dan merenungi tema “Percepat pendidikan yang merata dan berkualitas”. Karena tema tersebut terkait erat dengan paradigma hidup yang berubah cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi.

“Kita wujudkan bersama sama. dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas,” ungkapnya..

Pakde Karwo lebih lanjut mengatakan, dengan pendidikan berkualitas yang merata, maka ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945 diharapkan dapat terwujud.

“Atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air. Mereka adalah yang telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan,” jelasnya.

Pakde Karwo menambahkan, pengabdian dan pengorbanan yang sudah diberikan, sejauh ini telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Sekalipun di sana-sini masih banyak masalah dan menimbulkan ketidakpuasan.

“Semoga keberhasilan tersebut semakin memacu semangat dan usaha keras kita. Untuk masalah yang belum terselesaikan dan ketidakpuasan yang ada, justru semakin melipat-gandakan energi, kehendak, dan ikhtiar kita untuk menemukan terobosan-terobosan baru,” pungkasnya. (sga)