SURABAYA – Gubernur Jawa Timur H Soekarwo atau yang biasa disebut Pakde Karwo akan segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) pengganti dua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang saat ini menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Plt akan ditunjuk secepatnya jika dua Kepala SKPD ini dua hari berturut-turut tidak masuk.

“Saat ini, kami pada posisi menunggu bagaimana rilis dari KPK tentang status dua orang ini,” katanya ketika ditemui di kantornya tadi pagi.

Menurutnya, penunjukkan Plt akan dilakukan agar organisasi di dua dinas tersebut tetap jalan. Dan akan memerintahkan Korpri untuk melakukan pendampingan hukum bagi dua kepala SKPD ini.

Terkait penjemputan yang dilakukan KPK terhadap dua Kepala SKPD ini, Pakde Karwo minta Sekretaris Daerah (Sekda) bisa menghubungi keduanya.

 

Baca Juga : KPK Geledah dan Segel Ruang Ketua Komisi B DPRD Jatim

 

“Ini bukan kasus mengambil uang negara dari brankas. Ini suap, tapi motifnya apa dan bagaimana, saya dalam posisi belum mengetahui,” ujarnya.

Sekadar diketahui, KPK telah menjemput paksa dan membawa Bambang Heryanto, Kepala Dinas Pertanian; serta Rohayati Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur, pada Senin (5/6), kemarin.

Dua orang ini dibawa KPK setelah pada hari yang sama, KPK juga membawa dan menangkap Moch Basuki, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur. Ruang Basuki sebagai Ketua Komisi B DPRD serta Rumahnya di Jalan Putat Gede Baru Nomor 5B, juga sempat digeledah dan di segel KPK.(sga)