Pakde Karwo Didampingi Bpk Abdul Hamid Sebagai Plt. KaDis
Peternakan dan Bpk Hadi Sulistyo Sebagai Plt. KaDis Pertanian

SURABAYA – Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo mengajak semua para pejabat tinggi pratama di Pemprov Jatim mulai Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Kepala Biro untuk kembali pada marwah moral dan integritas. Demikian disampaikan Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim, menjawab pertanyaan wartawan usai Rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Lt. VII, Kantor Gubernur, Surabaya, Kamis (8/6).

Menurutnya, perlu ada keseimbangan antara moral dan integritas. Dijadikannya tersangka Kepala Dinas di Pemprov Jatim sebagai tersangka KPK, membuktikan pejabat tidak hanya harus memiliki moral yang baik saja, tapi juga integritas yang kuat, yakni kuat terhadap tekanan-tekanan.

 

Baca Juga : Pakde Karwo Akan Segera Menunjuk Plt Untuk Dua Kepala SKPD2017

 

“Setiap pribadi harus belajar berdialog dengan diri sendiri yakni dengan menginstropeksi integritasnya,” ujarnya.

Pakde Karwo saat memberikan keterangan pers usai Rapat bersama OPD
di Kantor Gubernur,Surabaya

Ditambahkan, baik saja tidak cukup untuk menjadi pemimpin. “Kepala Dinas yang dijadikan tersangka KPK adalah orang-orang baik dan sederhana. Perlu integritas,” tegasnya mengulang.

Integritas tadi, lanjutnya, dicapai antara lain dicapai dengan pejabat harus tahan terhadap tekanan dan mempunyai sikap untuk mengatakan tidak terhadap hal yang kurang benar.

Sekedar diketahui, Pakde Karwo telah menunjuk dan menetapkan pelaksana tugas (plt) terkait pejabat yang diganti yaitu Abdul Hamid (Asisten Adninistrasi dan Umum) sebagai plt Kadis Peternakan, dan Hadi Sulistyo (Kepala Biro Administrasi Pembangunan) sebagai Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan. Penunjukkan plt ini dimaksudkan agar kinerja perangkat daerah tetap berjalan. (sga/ron)