BONDOWOSO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menjadi salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang giat dalam menyokong visi dan misi Bupati Bondowoso. Beragam inovasi dan akselerasi, khususnya dalam sektor pembangunan infrastruktur dasar di masyarakat terus digalakkan dengan maksimal.

Beragam bentuk sumbangsih yang dilakukan terealisasi melalui berbagai kebijakan yang diambil. Namun demikian, kebijakan yang mapan tidak akan pernah tercapai tanpa diikuti dengan kinerja para pegawai yang optimal. Hal itu ditegaskan oleh Kadis PUPR Bondowoso Karna Suswandi.

Menurutnya, kursi dengan satu kaki tidak akan mampu berdiri secara sempurna. Hal ini menjadi penting, mengingat Dinas PUPR dalam visi dan misi yang diusung oleh Bupati Amien Said Husni, berada di urutan keenam yakni tentang sarana dan prasarana infrastruktur daerah.

Berkaitan dengan ini, Karna mengatakan bahwa optimalisasi kinerja dari pegawai dinas PUPR terus dilakukan. Mulai dari kegiatan yang sifatnya berbentuk lomba, maupun memberikan ruang gerak yang bebas namun bertanggung jawab. Tentunya, kata Karna, hal ini dilakukan untuk bisa merangsang kreatifitas dan memunculkan inovasi daripada para pegawai.

 

Baca Juga : Hari Pertama Masuk Kerja, Kadis PUPR Sidak Proyek

 

“Kita mendorong mereka untuk lebih kreatif dan inovatif. Jangan berharap kinerja ini akan berjalan optimal jika, pegawai ini tidak diberi ruang gerak yang bebas. Apalagi manusia kan memiliki titik kejenuhan,” jelasnya.

Menyinggung, lomba-lomba yang sering diselenggarakan, Karna Suswandi menjelaskan mulai tahun kemarin pihaknya menyelenggarakan lomba saluran irigasi di setiap DI yang menjadi wilayah juru pengairan. Kemudian, rencananya tahun ini juga akan diselenggarakan lomba kebersihan setiap ruas jalan yang menjadi tanggung jawab dari UPTD. Lomba ini sendiri diselenggarakan bukan tanpa alasan kata karna, melainkan untuk merangsang optimalisasi kinerja pegawai PUPR.

Di akhir perbincangan, Karna Suswandi berharap, pasca libur panjang libur lebaran ini, pegawai PUPR juga menjadi semakin semangat dan kreatif. Mengingat, saat libur panjang itu bisa dijadikan sebagai ajang merefresh diri, serta memotivasi diri untuk bekerja lebih baik dan lebih keras di dalam mencapai tujuan organisasi, lebih-lebih mencapai visi dan misi Bupati.

Untuk informasi, Dinas PUPR adalah OPD di lingkungan Pemkab yang memiliki pegawai mencapai 860 orang. Terdiri dari, tenaga musiman 519 orang, serta PNS dan tenaga Kontrak 349. (och)