BONDOWOSO – Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Kabupaten Bondowoso terus alami peningkatan.

Data dari Dinas Kesehatan per 7 April 2020 pukul 13.00 tercatat ada 791 ODP. Dengan rincian 151 orang atau 19,09 persen telah dinyatakan selesai pantau. Dan sisanya masih dalam proses.

Kepala Dinas Kesehatan, M.Imron, menjelaskan, peningktan signifikan terhadap jumlah ODP di Bondowoso ini didominasi oleh kedatangan para santri.

“Jumlah ODP terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Karena dapat data dari seluruh Puskesmas, didominasi kedatangan adik-adik santri,”tuturnya.

Ia pun menjelaskan sebaran ODP secara berurutan terbanyak yakni ada di Kecamatan Tlogosari, Wonosari, dan Curahdami, Cerme, Pujer, Jambesari, Wringin, dan Binakal.

“Dari semua ini sampai tanggal 5, baru ada satu PDP yang sudah dinyatakan sembuh. Dan hasil swapnya juga sudah keluar, tapi tetap yang bersangkutan diwajibkan isolasi mandiri selama 14 hari,”ujarnya.

 

Baca Juga : Cari Keong, Pria Ini Terseret Arus Deras Banjir

 

Ditanya apakah ODP yang telah selesai pantau artinya telah negatif Covid-19, kata Imron, ODP ini apabila tidak ada keluhan panas dengan suhu lebih dari 38 derajat celcius. Maka, mereka cukup melakukan pemantauan, melalui isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

“Saya sampaikan disini kenapa virus corona ini dilakukan pantauan selama 14 hari. Karena masa inkubasinya adalah rata-rata antara 1 – 14 hari,”katanya.

“Puncak terjadinya antibodi untuk melawan virus ini dalam tubuh seseorang, menurut penelitian, yakni pada hari ke tujuh. Mulai hari ke lima, tapi pada hari ke tujuh dan ke sepuluh ini, sudah mulai dibentuk anti bodi. Jika antibodi kita bisa mengalahkan virus ya sehat, tapi jika sebaliknya ya muncullah gejala-gejala,”tuturnya.

Untuk PDP, kata Imron, jika sedang cukup melakukan isolasi mandiri di rumah. Jika sedang, bisa di rumah dengan pantauan tetap atau dilakukan perawatan di rumah sakit darurat. Sedangkan, jika PDP masuk kategori berat nantinya wajib dirawat di Rumah Sakit rujukan di RSUD Koesnadi.

“PDP itu belum tentu positif ya, karena harus dilakukan pemeriksaan swap. Kalau hasil swapnya negatif, ya sudah nanti dia lepas dari status pasien Covid-19,”(och)