Pelaku saat diamankan di Polsek Tekung.

Lumajang – Memo Indonesia. Pelaku jambret bernama Feri Lius Ismawanto (28) warga Dusun Wungurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, masih beruntung. Pasalnya, warga hanya membakar sepeda motor Honda Beat milik pelaku karena kesal dengan ulahnya.

“Pelaku berhasil kabur dari sergapan warga yang mengepungnya. Warga kesal motor pelaku yang sengaja ditinggal kemudian dibakar beramai-ramai,” ujar Kapolsek Tekung, AKP Sugiyanto.

Sugiyanto menjelaskan, aksi penjambretan di Dusun Munder Desa Tukum, Kecamatan Tekung, berawal saat korban mengendarai sepeda motor perjalanan pulang ke rumahnya. Di jalan lintas timur (JLT) korban sudah merasa dibuntuti oleh pelaku. Tapi, korban memilih diam dan terus melanjutkan perjalannya.

“Setiba di jalan Dusun Munder, tiba-tiba pelaku memepet korban kemudian merampas tas korban dan kabur. Pelaku apes, jalan yang dilewati ditutup ada orang punya hajatan,” ujarnya.

Melihat pelaku kebingungan, lanjut Sugiyanto, korban berteriak jambret. Pelaku bingung kemudian meninggalkan motornya dan kabur ke kebun milik warga. Warga yang gagal menangkap pelaku kemudian membakar motor pelaku yang ditinggal.

”Aksi penjambretan itu terjadi senin (8/5) pukul 19.00 Wib,” jelasnya.

Dari plat nopol sepeda motor itulah diketahui siapa pemilik sepeda motor tersebut, kemudian dilakukan pencarian. 4 jam kemudian, pelaku berhasil ditangkap oleh petugas gabungan antara Polsek Tekung dengan Resmob Polres Lumajang.

Barang Bukti yang berhasil diamankan sebuah tas berisi HP dompet berisi uang sebesar 200 ribu. “Pelaku mengaku bekerja sendirian. Pelaku juga mengaku baru sekali ini berbuat kejahatan,” terangnya.(eni/ron)