Share

BONDOWOSO – Miftahul Huda kembali terpilih menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bondowoso periode 2019-2024. Ia terpilih secara aklamasi saat Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-9 yang dilangsungkan di Hotel Ijen View, Rabu (26/12). Sebelumnya, Miftah telah menjabat sebagai Ketua PMI Bondowoso periode 2014-2018.

Pemilihan tersebut diikuti oleh seluruh utusan pengurus PMI ranting se-Kabupaten Bondowoso tingkat Kecamatan, perwakilan relawan dan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Bondowoso.

Sebagai ketua terpilih Miftah menegaskan, bahwa dalam proses musyawarah dirinya tidak mencalonkan diri. Melainkan dicalonkan oleh seluruh peserta masyawarah. Menanggapi hal itu, Ia menilai apa yang diputuskan oleh peserta musyawarah mungkin sebagai wujud kesadaran dan kepercayaan kepadanya untuk kembali memimpin PMI Bondowoso lima tahun ke depan.

“Saya tidak pernah mencalonkan. Saya dipilih secara aklamasi oleh pengurus Kecamatan. Sebagai wujud kesadaran bahwa mereka masih mempercayai saya,” ungkap pria yang kini menjadi salah satu calon legislatif DPRD Bondowoso itu.

Terkait dengan surat edaran dari PMI pusat yang mengharuskan cuti bagi pengurus yang menjadi calon legislatif, dirinya pasti mematuhi hal tersebut. Ia akan kembali mengambil cuti hingga pemilihan legislatif usai.

“Tentu saya akan cuti lagi sampai Pileg selesai. Kamarin saya sempat cuti dan terpaksa harus aktif kembali pada Muskab ini, karena harus mempertanggungjawabkan LPJ,” tambahnya.

Sebagai penggati sementara, Ia akan menunjuk salah satu dari pengurus PMI untuk menjadi ketua pelaksana harian agar tugas-tugas administratif di PMI terus berjalan.

“Nanti saya akan tunjuk pengurus sebagai ketua pelaksana harian untuk melaksanakan tugas administratif di PMI. Untuk memimpin sampai proses selanjutnya,” pungkasnya. (abr)