BONDOWOSO – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menggelontorkan bantuan kepada 12.269 Rumah Tangga Miskin (RTM) di 25 desa, yang tersebar di tiga kecaman di Kabupaten Bondowoso.

Bantuan tersebut di antaranya, bantuan ternak ayam, kandang, dan paket pakan untuk 12.269 RTM, bantuan ternak kambing untuk 646 RTM, serta bantuan optimalisasi pemanfaatan pekarangan untuk 90 RTM. Kemudian, diberikan juga bantuan bibit durian untuk sekitar 120 hektar, bantuan bibit mangga untuk sekitar 131 hektar, bantuan pemupukan kopi sekitar 155 hektar, serta bantuan bibit kopi 5 ribu pohon.

Bantuan dalam program Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pertanian di 1000 desa, 100 Kabupaten ini diberikan secara simbolis oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dengan didampingi oleh Bupati Amin Sadi Husni, di dusun Legan, desa Sumber Wringin, Kecamatan Sumber Wringin, Selasa (22/5).

Baca Juga : Bupati Amin Minta Aktifkan Kembali Wajib Lapor 1×24 Jam

Ia mengatakan bahwa pihaknya memberikan bantuan ternak ayam, lengkap dengan pakan ayam, dan kendang gratis ini sebagai bentuk bantuan jangka pendek. Karena dengan bantuan ini diperkirakan bisa meningkatkan penghasilan penerima hingga Rp 2,2 juta  dengan estimasi ayam tersebut bisa bertelur setiap hari. Sementara RTM yang disebut miskin itu jika pendapatannya di bawah Rp 1,4 juta.

“Kita berikan kendang gratis, pakan gratis sampai bertelur, ayam ini ayam kampung bertelur tiap hari. Kalau bertelur tiap hari pendapatan masyarakatnya naik Rp 2,2 juta,” urainya.

Adapun bantuan jangka panjangnya yakni, pihaknya membangun kluster. Artinya, kementrian memberikan bantuan tanaman yang satu kluster ini cukup untuk berdiri satu industri.

“Lahannya (lahan tanaman Bondowoso) sudah kerjasama. Itulah program redistribusi lahan oleh pemerintah,” paparnya.

Ia menguraikan bantuan-bantuan yang diberikan akan terus dikawal melalui Bupati Amin Said Husni, Camat hingga kepala desa. Mereka akan mengawal hingga ayam tersebut bertelur. (och)