Share

BONDOWOSO – Seorang pemuda bernama Irwan (24) penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos di desa Klekean, kecamatan Botolingo menolak menerima bantuan tersebut.

Penyebabnya karena laki-laki yang berprofesi sebagai perangkat desa itu, merasa dirinya tak layak masuk daftar penerima.

Karena itulah, bantuan yang diterima langsung diserahkan kepada warga miskin yang namanya tak masuk daftar penerima dan kategori kurang mampu. Yakni, Buk Sawi, Pak Sinarmu dan Pak Tamu, yang masing-masing mendapatkan sama rata sebesar Rp. 200ribu.

Irwan, menceritakan, bahwa sejak awal dirinya enggan mengambil bantuan tersebut. Namun, Kepala Desa setempat justru meminta Irwan untuk mengambilnya, baru menyerahkan kepada yang tidak mampu.

 

Baca Juga : 226 ASN Di Bondowoso Tidak Masuk di Hari Pertama Kerja

 

“Saya konsultasi ke Kades Klekean, tetapi disarankan mengambilnya dulu. Karena kalau tidak diambil, dianggap mengundurkan diri. Sehingga bantuan yang seharusnya diterima, langsung dikembalikan ke pusat (Kemensos). Makanya, saya ambil untuk diserahkan kepada yang tak mampu,”urainya.

Sementara Kepala Desa Klekean Sulatis mengapresiasi tindakan terpuji perangkat desanya itu. Harapannya, bantuan yang diserahkan kepada warga yang benar-benar tak mampu itu bisa bermanfaat.

“ Saya kagum dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Irwan, dengan sukarela ia menerima BST dan menyerahkan bantuan tersebut kepada warga yang lebih layak menerima, dengan di fasilitasi oleh Pemdes,”pungkasnya.(och)