BONDOWOSO – Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso memprediksi pergantian musim terjadi pada Mei ini. Kendati begitu, sesekali hujan masih akan turun. Pada pancaroba ini, masyarakat diminta waspada terhadap fenomena alam yang meningkat yaitu petir dan angin kencang.

“Dalam kondisi cuaca apa pun, BPBD selalu memonitoring masyarakat yang berada dititik rawan bencana, Tim Reaksi Cepat (TRC) siap siaga 24 jam.” Kata Winarto, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Bondowoso, Kamis (4/5/2017).

Terkait keadaan cuaca pada pergantian musim tersebut, Ia menjelaskan intensitas hujan akan berkurang namun berpotensi datangnya angin yang diselingi adanya petir.

“Pada bulan pergantian musim ini masih akan terjadi hujan cuma tidak akan datang setiap hari, tapi biasanya hujan tersebut kemungkinan akan disertai angin dan petir,” ujarnya kepada Memo Indonesia.

Kendati begitu, Bondowoso diprediksi tidak akan mengalami bencana longsor lagi. “Kalau longsor saya rasa sudah tidak akan ada lagi mengingat pemicu adanya longsor sudah mengurang.”

Winarto berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dengan datangnya angin dan petir yang kemungkinan besar akan terjadi.

“Dalam memasuki musim kemarau ini, saya harap kepada masyarakat agar selalu waspada menjaga diri sendiri dan keluarganya jika terjadi angin yang cukup besar juga hati-hati jangan di luar rumah karena potensi petir juga ada,” pungkasnya. (abr/esb)