BONDOWOSO – Mayoritas fraksi di DPRD Bondowoso mendesak eksekutif untuk segera melaksanakan lelang jabatan terhadap 11 OPD yang dipimpin oleh Pelaksanaan Tugas (Plt).

Desakan disampaikan dalam Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi pada Jum’at (10/7/2020).

Adapun dari total enam fraksi, empat diantaranya yang menyampaikan saran senada yakni Fraksi PKB, PDIP, Fraksi Persatuan Pembangunan dan Demokrat (FPPD), serta Fraksi Amanat Golongan Karya.

 

Baca Juga : Fraksi PKB Dorong BUMD Bogem Dinonaktifkan

 

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir mengatakan, lelang jabatan itu melalui mekanisme yang tidak bisa serta merta langsung dilaksanakan. Karena harus ada persetujuan komisi ASN.

“Dan itu kewenangan eksekutif. Kita hormati itu. Pak sekda sudah berstatemen akan dilaksanakan open bidding. Saya yakin Pak Bupati akan melaksanakan itu. Tapi mari kita hormati otoritas Bupati,”ungkapnya.

Adapun tentang banyaknya OPD dipimpin Plt apakah turut mengganggu pemerintahan, kata Ahmad Dhafir, semuanya tergantung dari tekad.

“Kalaupun definitif kalau tidak ada tekad berbuat terbaik untuk masyarakat, saya kira ya tak bisa berbuat apa-apa,”ujarnya.

Sementara itu, pantauan di lapangan ada sekitar 11 OPD yang dijabat oleh PLT karena pensiun dan meninggal dunia. Diantaranya yakni, Dinas PUPR, Dikbud, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Pertanian, RSUD Koesnadi, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, Inspektorat, Bakesbangpol, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, serta Camat Kecamatan Bondowoso.(och)