Share

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso terus mematangkan diri untuk menyambut kedatangan tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) yang dijadwalkan akan melakukan penilaian Ijen Geopark pada 8-13 Juni 2022. Baik di Kabupaten Bondowoso, maupun Kabupaten Banyuwangi

Salah satunya, yakni dengan menggelar rakor antara seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, dan dipimpin oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, di Aula Disparbudpora, Rabu (11/5/2022).

Ketua Harian Pelaksana Ijen Geopark Bondowoso, Ahmad Sofyan, menerangkan, dalam penilaian itu ada dua hal yang menjadi point assesment.

Pertama yakni, data administrasi yang saat ini sudah dikumpulkan mencapai 75 persen.

Kemudian, yakni assesment lapangan. Yang memang saat ini masih baru sekitar 70 persen. Mulai dari infrastruktur jalan ke Blawan, jalan ke Kalipahit, beberapa aminitas, visibilitas, dan lainnya.

“Tinggal 30 persen, karena memang pengadaan aminitas, infrastruktur segala macam butuh anggaran dan waktu. Karena berbasis waktu,” katanya.

Kendati begitu, ia mengaku optimis semuanya bisa tuntas pada akhir bulan Mei 2022 ini.

Disinggung perihal masih adanya sampah di beberapa titik, kata pria akrab disapa Sofyan itu, hal tersebut memang menjadi atensi. Karena itulah, berdasarkan arahan dari tim pusat agar memperhatikan menejemen pengelolaan sampah.

Baca Juga : Seorang Ayah Kandung di Bondowoso Tega Setubuhi Anaknya

“Jadi bukan hanya menyediakan tempat pembuangan sampah, tapi menejemennya,” urainya.

Kesiapan SDM sendiri, kata Sofyan, pihaknya menyiapkan person stand by (PSB) di setiap situs. Bahkan, jumlahnya mencapai sekitar 100 orang.

Kini merek tengah mengikuti bimtek mandiri dari Pemerintah Bondowoso. Selanjutnya, mereka juga masih akan mendapatkan bimtek dari Komite Nasional Geopark Indonesia sekitar pertengahan bulan Mei 2022 ini.

“Yang diajarkan ya tentang keterlibatan mereka, materi-materi tentang geopark secara umum, konten-kontem highlight yang tak dimiliki tempat lain atau unggulan. Terus bagaimana mereka jadi unsur pemangku kawasan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, menambahkan, bahwa assesment sendiri banyak akan dilakukan di Bondowoso. Sedikitnya ada lima titik yang akan ditinjau oleh tim assesment.

Di antaranya yakni, Kawah Wurung, Kluncing, Lava Plalangan, pemandian air panas Blawan, dan Paltuding.

“Mangkanya besok kita akan cek,” ujarnya.

Ia menerangkan, bahwa kesiapan sendiri telah menyentuh angka 90 persen. Tinggal, membentuk tim kecil untuk melakukan penyambutan tim asesor.

Informasi dihimpun, Kamis (12/5/2022) tim dari Pemkab Bondowoso yang akan dipimpin Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat akan meninjau titik-titok Ijen Geopark di Kecamatan Ijen.(och)