Share

BONDOWOSO – Masyarakat di Kecamatan Tamanan dalam waktu dekat tak perlu datang ke Alun-alun Ki Bagus Asra. Jika henda menikmati Car Free Day (CFD).

Cukup saja datang ke Alun-alun Basuki, Desa Tamanan, Kecamatan Tamanan.

Pasalnya, sekitar akhir Juni 2024 ini akan dimulai pelaksanaan CFD di seputaran jantung desa Tamanan.

Kepastian itu pun disampaikan langsung oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto. Itu disampaikannya, merespon permintaan pemuda pemudi yang bertemu dengannya di BMB Cafe, di Alun-alun Basuki Tamanan, pada Sabtu (15/6/2024) malam.

Ia menjabarkan hadirnya Car Free Day di Tamanan akan menjadi nuansa positif. Karena, tak hanya mengedukasi masyarakat untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan.

Namun, sekaligus menjadi pusat ekonomi tiap pekan bagi pelaku UMKM dan masyarakat.

“Saya sudah sepakat dengan Kadesnya, siap melaksanakan CFD. Saya akan hadir di pelaksanaan pertama,” ungkapnya diikuti tepuk tangan penonton yang hadir.

Baca Juga : Takbir Idul Adha Berkumandang, Pemkab Bondowoso Berkurban 7 Ekor Sapi

Sementara itu, Kades Tamanan, Hendri Adi Purnawan, mengatakan, menyambut hangat rencana CFD di wilayahnya. Tentu, pihaknya akan menampung seluruh pelaku UMKM di Tamanan.

Karena itulah ia pun meminta dukungan dari Pemerintah Daerah dalam rencananya membuat Tamanan bisa menjadi second city Bondowoso. Salah satunya, yakni rencana pembangunan Alun-alun Basuki Desa Tamanan tahun 2025.

“InsyAllah tahun 2025 kita akan membangun lapangan basket, futsal, tenes. Hingga tugu Basuki,” pungkasnya.

Untuk informasi, pada Sabtu (15/6/2024) malam Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto menyapa dan bahwa berbincang langsung dengan masyarakat Tamanan. Khususnya, anak muda di desa tersebut.

Mereka mengungkapkan berbagai aspirasinya secara langsung. Salah satunya yakni harapan adanya Car Free Day.(Och)