BONDOWOSO – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, dr M. Imron meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat akan beraktivitas di luar rumah. Hal tersebut berdasarkan imbauan terbaru dari badan organisasi dunia (WHO) untuk mengurangi resiko penyebaran virus corona.

“Masker for all. Wajib kita pakai masker setiap kali keluar rumah,” pintanya saat konfrensi pers di Kantor Dinas Kesehatan, Senin (6/4/2020.

WHO sebelumnya pemakaian masker hanya bagi seseorang yang sedang sakit, namun dalam imbauan terbarunya WHO mengatakan bahwa semua orang wajib memakai masker meski dalam kondisi sehat.

“Wajib pakai masker mesti tidak sakit,” katanya.

 

Baca Juga : Kondisi Kesehatan 1 Warga Bondowoso Positif Corona Stabil

 

dr Imron menjelaskan, kemungkinan tertular virus Corona atau Civid-19 bisa diperkecil dengan pemakaian masker. Sebab cara penularan virus tersebut melalui droplet (Percikan ludah) orang terjangkit Corona apabila sedang batuk maupun bersin.

“Yang kita khawatirkan adalah proses penularannya melalui droplet ketika batuk atau bersin. Menlunarnya melalui air ludah atau bersin,” jelasnya.

Di tengah pandemi virus Corona Pembatasan sosial (Psycal distancing) juga harus dilakukan untuk mengurangi resiko penularan.

“Karena kita tidak tau siapa diantara kita yang terkontaminasi atau tidak,” paparnya.

Selain itu, Ia juga mengimbau masyarakat untuk sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh bagian wajah sebelum melakukan cuci tangan.

“Sering-sering cuci tangan pakai sabun tidak harus handsanitizer. Hindari menyentuh wajah sebelum cuci tangan,” pungkasnya. (abr)