Share

BONDOWOSO – H Mahfidz terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPC HKTI) Kabupaten Bondowoso, periode 2017-2022. Mahfidz terpilih dalam Musyawarah Cabang HKTI Kabupaten Bondowoso yang diadakan di Pendopo Bupati, Jum’at (15/9), yang dihadiri para utusan HKTI dari kecamatan-kecamatan di Bondowoso.

Bupati Amin Said Husni yang membuka Musyawarah dan Pelantikan Dewan Pimpinan Kabupaten HKTI, mengharapkan agar organisasi HKTI ini bisa memberikan kontribusi besar dalam upaya percepatan pembangunan pertanian di Bondowoso.

Ia mengajak agar seluruh kader HKTI di Bondowoso untuk lebih serius dalam pengembangan pertanian di kota tapai ini. Karena menurut data statistik, hampir 60 persen penduduk di Bondowoso ini adalah petani. Namun sayangnya, mayoritas dari jumlah tersebut merupakan buruh tani. Kondisi ini juga semakin memprihatinkan, kata Bupati, jika melihat kepemilikan tanah rata-rata hanya 0,25 – 0,3 hektar per petani.

“Itu pun banyak petani yang tidak punya lahan. Oleh karena itu mereka bekerja sebagai buruh tani, atau bahasa inggrisnya, adherrep. Jika berbicara tentang kesejahteraan petani, selalu identik dengan kemiskinan. Jika melihat peta kemiskinan hampir selalu mereka itu adalah para petani,” papar Bupati dua periode ini.

 

Baca Juga : Bupati Amin : HKTI Harus Bisa Menjadi Jembatan Bagi Petani

 

Melihat berbagai pertanian yang kompleks ini, maka Bupati Amin berharap agar HKTI ke depan bisa fokus menangani pertanian.

“Tinggal HKTI ini mau fokus ke mana, mau ke bagian pembinaan, pemberdayaan atau pendampingan,” ujarnya.

Semantara itu, Ketua HKTI Bondowoso H Mahfidz ditemui awak media mengaku, akan lebih fokus di bagian pendampingan terhadap petani. Yakni tepatnya menjadi mitra solutif bagi petani maupun pemerintah. Hal ini karena menurutnya, sering apa yang menjadi kepentingan petani tidak sampai kepada dinas pertanian.

“Kita akan ambil peran di sini untuk menjadi mitra solutif untuk kesejahteraan para petani. Kita akan menggarap itu, tentunya perlu adanya masukan-masukan,” jelas Mahfid.

Dalam acara pelantikan, tampak hadir Ketua HKTI Provinsi Jawa Timur, Ahmad Nawardi, Komandan Kodim 0822 Bondowoso Letkol Tarmuji, serta Karetaker Kabupaten Bondowoso Suwarso. (och)