BONDOWOSO – Sebanyak sebelas kecamatan di Bondowoso pamer produk hasil mahasiswa KKN Universitas Jember, di Gor Pelita, Kamis (24/8). Delapan kecamatan itu di antaranya, Kecamatan Curahdami, Klabang, Bondowoso, Wringin, Cermee, Maesan, Pakem, serta Wonosari, Tamanan, Tenggarang, Pujer.
Gelar produk ini merupakan salah satu realisasi dari “One village One product” antara pemerintah desa dengan Universitas Jember.

Pantauan di lapangan, tampak di halaman depan Gor Pelita berjejer meja dengan hasil-hasil produk yang telah dibuat dan dihasilkan oleh mahasiswa KKN selama 45 hari tinggal di kecamatan masing-masing.

Di setiap meja, tertulis nama-nama kecamatan lengkap dengan hasil produknya. Ada yang berupa produk makanan, produk kecantikan seperti lulur, kemudian juga ada hasil kerajinan tangan seperti replika kecil petani sedang mencangkul. Ada pun harga dari produk olahan ini beragam, dari yang termurah Rp 5.000 hingga Rp 30.000.

 

Baca Juga : Kerjasama Kopi Dengan Buyer Arab, Bupati Amin Minta Libatkan Petani

 

Menurut salah seorang Mahasiswi yang KKN di Desa sumber Canting, kecamatan Wringin, Yuvita, setiap produk yang dihasilkan merupakan hasil inovasi terhadap bahan-bahan melimpah yang menjadi potensi lokal di daerah itu.

“Iya mbak kita kan one village one produk jadi kita harus menggali potensi di daerah itu,” ungkapnya.

Ananta, Kordes Mahasiswa KKN desa Traktakan, menjelaskan bahwa setiap mahasiswa KKN ini turut serta mendampingi masyarakat melakukan pengurusan ijin PIRT, packaging hingga pengolahan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Hidayat, usai menghampiri satu demi satu meja hasil produk, menyampaikan pihaknya akan menindaklanjuti produk hasil mahasiswi KKN ini.

“Akan kami tugaskan Diskoperindag untuk menindak lanjuti apa yang sudah dikembangkan ini. Untuk itu saya mohon dapatnya diberikan surat dalam bentuk rekomendasi ke Pemda apa yang harus dilakukan, apa yang harus dibenahi,” jelas Hidayat.

Sekertaris Daerah Hidayat menghadiri Perpisahan Mahasiswa KKN dan Gelar Produk Hasil Mahasiswa KKN untuk Kabupaten Bondowoso, di Gor Pelita. Tampak hadir, sejumlah perwakilan dari desa dan kecamatan. (och)