JEMBER – Sebanyak 67 orang dari berbagai jabatan dan profesi yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi di Pemkab Jember mengikuti lelang tahap kedua, Rabu (15/03). Mereka akan memperebutkan 14 jabatan yang kosong di kabupaten suwar-suwir tersebut. Seleksi lelang jabatan tahap kedua tersebut dilaksanakan di gedung Badan Kepegawaian Daerah (Pusat Pendidikan dan Pelatihan).

Seperti diketahui, ada 14 formasi jabatan di Pemkab Jember yang sedang kosong. Di antaranya Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, Asisten Pemerintahan, Kepala BKPSDM, Kadin Perum Cipta Karya, Kepala Dinkes, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, serta Kadinsos.

Selain itu juga ada Kadispora, Kadis LH, Kadisperindag, Kadisnaker, Kepala BPKA, Kadis PMPTSP, dan Kadiskopum. Sementara itu, jabatan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karya tidak bisa dilanjutkan karena jumlah pelamar kurang dari empat orang.

Sekretaris Pansel Bayu Dwi Anggono menyebutkan bahwa para peserta pada tahap kedua ini akan diuji kemampuannya untuk membuat makalah terkait dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) jika terpilih dalam posisi jabatan nantinya. Bayu juga menegaskan bahwa konsep yang mereka tawarkan merupakan upaya dalam mensukseskan 22 janji Bupati dan Wakil Bupati.

“Karena sekali lagi, Jabatan Tinggi Pratama ini tidak boleh lepas dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati” terangnya.

Di lain pihak, Joko Santoso, Kepala Badan Kepegawain Daerah, berharap formasi Pansel yang terdiri dari berbagai kalangan, akan dapat menjaga kualitas dan netralitas kerja kepanitiaan. Sehingga nantinya hasil yang diperoleh akan maksimal.

Sekretaris Dinas Perikanan, Zainal Abidin, yang menjadi peserta tahap kedua ini menilai bahwa proses seleksi yang diselenggarakan Pansel cukup profesional. Dia merasa bahwa para peserta dituntut untuk mampu dan mengetahui target yang ingin mereka capai melalui pendekatan-pendekatan secara keilmuan dalam bentuk penulisan makalah.

“Memang harus diseleksi seperti ini, agar posisi yang selama ini kosong dapat terisi dengan orang-orang yang berkompeten” harapnya.(hus/esb)