Share

BONDOWOSO – Dalam rangka menyambut hari lahirnya ke-7, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Bondowoso bakal laksanakan khitan masal gratis. Khitan massal itu bakal dilaksanakan di Klinik rumah sakit NU, di Jl. Kiai Syamsul Arifin Traktakan Wonosari, pada Minggu (8/7) besok.

Kegiatan khitan masal tersebut merupakan pelaksanaan khitan terbesar yang bakal dilakukan LKNU Bondowoso dengan jumlah kuota hingga 200 anak.

Ketua LKNU Bondowoso, H Untung Kuzairi menerangkan, bahwa khitanan masal itu digelar selain sebagai amal jariah LKNU, juga sebagai bentuk komitmen LKNU Bondowoso dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dalam rangka mencegah penyakit kangker.

“Khitan ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit kanker, baik kanker pada kemaluan laki-laki maupun kanker serviks. Supaya bersih, maka bagian ujung kemaluan harus dibuang, dan itu juga mencegah penyakit kemaluan lainnya. Khitan juga menjadi kewajiban sebagai syarat agar sholat menjadi sah. Karena, kata dia, diujung penis terdapat kotoran atan najis,” jelasnya, Jumat (6/7/2018).

Sementara ketua panitia khitanan massal, dr Mochammad Yasin mengungkapkan, bahwa kegiatan itu didukung oleh berbagai organisasi dan perguruan tinggi keperawatan. Diantaranya PMII, Gerakan Pemuda Ansor, Keperawatan Universitas Bondowoso, dan Akbid Dharma Praja Bondowoso.

Sementara bagi yang ingin mendaftar, cukup menyerahkan nama anak, umur, alamat orang tua, serta melampirkan foto copy kartu keluarga (KK). Pasca sunat, setiap anak akan mendapatkan pelayanan rawat jalan, obat-obatan, sarung, uang saku dan kopiah.

“Kegiatan ini bukan semata-mata hanya khitanan masal, tapi juga nantinya akan mendapatkan rawat jalam. Nanti juga diberikan pemahaman perawatan luka, akibat khitan,” pungkasnya. (abr)