Share

Situbondo – SMA Negeri 1 Situbondo melakukan aksi penanaman pohon di kawasan terpencil Desa Sumberargo Kecamatan Sumbermalang Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (01/04). Dengan mangajak siswanya, mereka menanam 1500 bibit pohon dan buah-buahan, mulai durian, jeruk, hingga gamelina.

Acara penanaman dipimpin oleh kepala sekolah SMAN 1 Situbondo Samsul Ma’arif dan dihadiri kepala desa Sumberargo Jalis, tokoh masyarakat, serta siswa.

Samsul menjelaskan, akan pentingnya penghijauan sehingga harus dilaksanakan secara konseptual dan menyeluruh agar krisis lingkungan dapat diatasi. Betapa penting dan kompleknya peran tumbuhan di muka bumi ini, tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup.

Oleh karena itu, kata dia, peran tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

“Langkah nyata yang dipelopori oleh siswa siswi ini hendaknya ke depan terus disebarluaskan kepada warga masyarakat betapa pentingnya penghijauan seperti ini,” paparnya.

Dia menegaskan akan terus menjadi motor dan memotifasi masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan alam yang kelak akan diwariskan kepada anak cucu. Penghijauan menjadi kewajiban untuk dilakukan secara berkesinambungan oleh semua elemen masyarakat.

Penanaman pohon ini, selain dalam rangka penghijauan, juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan minat menanam pohon yang mempunyai nilai ekonomi.

“Secara ekonomi, menanam juga punya manfaat besar. Bibit yang ditanam bisa menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi sendiri tanpa harus beli, bahkan laku untuk dijual saat panen,” pungkasnya. (yud/esb)