BONDOWOSO – Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Inf Tarmuji S.Ag mengajak masyarakat Bondowoso untuk gemar bersepeda. Ajakan itu disampaikan usai melounching Brawijaya Cycling Club di Alun-alun Ki Bagus Asra Bondowoso, Jumat (11/5).

Letkol Inf Tarmuji mengatakan, ajakan tersebut sebagai upaya Kodim 0822 Bondowoso untuk mengajarkan pola hidup sehat melalui olahraga bersepeda. Juga sebagai tindak lanjut perayaan atas dinobatkannya panglima kodam (Pangdam) Mayor Jenderal TNI Arif Rahman sebagai Bapak Sepeda Jawa Timur pada 24 April lalu.

“Sebagai tindak lanjut atas dinobatkannya Pangdam sebagai Bapak Sepeda Jawa Timur,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa banyak sekali dampak positif yang didapat melalui aktivitas bersepeda. Selain baik untuk kesehatan, membiasakan diri mengisi waktu luang dengan bersepeda juga akan mengurangi tingkat penyebaran polusi. Sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, melainkan juga berdampak terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

“Manfatnya sangat besar. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, juga mengurangi polusi di lingkungan kita,” tambahnya.

Kodim 0822 juga secara perlahan akan meningkatkan partisipasi masyarakat melalui kegiatan bersepeda rutin. Letkol Inf Tarmuji optimistis dengan upaya tersebut, mengingat komunitas sepeda di Bondowoso sangat banyak.

“Setiap Jumat kita akan laksankan. Secara bertahap kita akan kerja sama dengan komunitas sepeda. Bersepeda bersama-sama juga sebagai ajang silaturahmi untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan,” pungkas Tarmuji.(abr)