Share

BONDOWOSO – Bupati Salwa Arifin menyebutkan sejumlah target yang menjadi point penting selama lima tahun ke depan. Yakni meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan Indeks lingkungan hidup.

Kemudian yang ke empat yakni meningkatkan indeks reformasi birokrasi, dan menurunkan kemiskinan.

“Untuk mencapai target tersebut, kita harus dapat menyusun skala prioritas pembangunan. Dengan mesinergikan antar OPD hingga target pembangunan daerah dapat tercapai secara lebih cepat lagi,” urai Bupati Salwa Arifin saat membuka kegiatan Kunker Bupati di Aula SMK PP, Senin (14/1).

Ia pun menerangkan bahwa perwujudan Bondowoso melesat, dengan target yang akan dicapai tidak dapat dilakukan sendiri. Tentu, memerlukan kerja sama semua pihak pemangku kepentingan di Bondowoso, mulai dari mayarakat, para tokoh, ulama, pemerintah desa, dan kabupaten.

Semua itu, merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan visi dan misi Bondowoso Melesat (Mandiri Ekonomi, Sejahtera, Adil, Terdepan, dalam bingkai Iman dan Taqwa).

 

Baca Juga : Wabup dan Inspektorat Ingatkan Kades Tak Pegang Uang Desa

 

Adapun dalam pemaparannya di hadapan Kades dan Camat dari empat wilayah yakni kecamatan Tegalampel, Bunakal, Pakem dan Wringin.  Bupati Salwa menerangkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Bondowoso,  saat ini masih dalam posisi sedang, dengan skor 64,75.  Angka tersebut lebih redah dibanding Jatim dan Nasional. IPM kabupaten Bondowoso, rata-rata memiliki peningkatan 0,60 per tahun, sejak tahun 2012 hingga 2017.

Sementara hal yang perlu dijaga adalah pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, pada tahun 2017 mencapai 5,03 persen. Namun, lebih rendah dari Jatim yang mencapai 5,21 persen.

Sementata tingkat kemiskinan di Kabupaten Bondowoso mengalami penurunan, dari 14,54 persen menjadi 14,39 persen pada tahun 2018.

Hadir dalam kunjugan kerja  Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin mengatakan, wakil bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Pj Sekda Agung Trihandono, para pimpinan OPD, dan selururuh Kades dari empat kecamatan di atas.(och)