BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso metapkan Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso terpilih periode 2018-2023. Keputusan itu keluar setelah KPU Bondowoso menggelar rapat pleno terbuka di Ball Room Hotel Palm, Kamis, (26/7).

Komisioner KPU Junaidi, saat membacakan ketetapan menguraikan, bahwa H Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar berhasil menang atas rivalnya Ahmad Dhafir – Hidayat dengan perolehan suara sebanyak 228.281 suara atau sebesar 52,01 persen dari total suara sah.

Ketua KPU Bondowoso, Khairul Anam mengungkapkan, bahwa penetapan calon terpilih itu dilakukan setelah pihaknya menerima surat dari Mahkamah Konstitusi tentang tidak ada pelanggaran Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dalam pelaksanaan pilkada Bondowoso.

“Alhamdulillah malam ini kita akan menetapkan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Penetapan calon terpilih ini dilaksanakan setalah KPU menerima surat dari MK tentang tidak ada PKPU,” papar Anam.

 

Baca Juga : Malam Puncak Harjabo 199, Bupati Amin Serahkan Cepuk Pada Salwa Arifin

 

Saat memberikan sambutan kemenangan, Bupati Bondowoso Terpilih H Salwa Arifin berterima kasih kepada seluruh partai pengusung, partai pendukung, relawan serta masyarakat yang telah mendukung mereka dalam Pilkada.

“Terima kasih kepada semua pihak, Parpol koalisi, parpol pendukung, pengusung yang selalu setia mendampingi kami. selama ini sudah bekerja keras dari proses kampanye sampai pemilihan tanggal 27 Juni hingga sampai saatnya hari ini penetapan pleno terbuka oleh KPU. Alhamdulillah hari ini kami ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih,” ungkap Salwa Arifin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KPU yang telah bekerja keras sebagai penyelenggara Pilkada 2018. Salwa menilai KPU sudah benar-benar menjalankan semua tahapan Pilkada dengan baik.

Salwa juga menilai seluruh rangkaian pilkada sudah dilewati dengan aman dan kondusif. Oleh karena itu, Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Panwaslu baik tingkat kabupaten mau pun Kecamatan. Juga kepada pihak TNI dan Polri yang telah menjaga kondusifitas selama berlangsungnya Pilkada Bondowoso 2018.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak penyelenggara Pilkada, KPU, Panwas dari Kabupaten hingga Kecamatan yang telah menyukseskan Pilkada ini. Juga kepada pihak keamanan yang telah memjaga agar Pilkada berjalan kondusif,” pungkas Kiai Salwa. (abr)