Share

SITUBONDO – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Hadi Prayitno menyampaikan, pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada Serentak 2024 sudah mencapai 70 persen dan diperkirakan rampung sepekan sebelum batas akhir tahapan.

Menurutnya, untuk pelaksanaan Coklit data pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sejauh berjalan lancar dan meskipun ada kesalahan prosedur, namun langsung dilakukan perbaikan dan dilakukan Coklit ulang.

“Alhamdulillah pelaksanaan Coklit sudah tinggal 30 persen, Mudah-mudahan sepekan sebelum batas akhir bisa rampung dan petugas Pantarlih punya waktu memperbaiki jika ada yang perlu diperbaiki,” ujarnya, Senin, 8 Juli 2024.

Mantan Aktivis PMII Jember ini mengatakan, tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, Pantarlih bekerja selama sebulan terhitung sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Dalam melaksanakan tugasnya, katanya, petugas Pantarlih melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih selain menggunakan sistem manual juga menggunakan aplikasi e-Coklit yang merupakan aplikasi berbasis android yang telah disiapkan KPU RI.

Baca Juga : Kemunculan Macan Tutul di Taman Nasional Baluran Situbondo Viral di Medsos

Petugas pantarlih melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan mencocokkan data yang tercantum data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dengan Kartu Keluarga (KK) dan KTP elektronik pemilih.

“Hasil coklit data pemilih ini penting untuk penyusunan daftar pemilih sementara atau DPS yang akan dilaksanakan pada 25 Juli hingga 11 Agustus mendatang,” beber Hadi.

Hadi menambahkan, tahapan selanjutnya setelah penyusunan DPS adalah penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan atau DPSHP. Yakni mulai tanggal 18 Agustus hingga 13 September 2024.

“Pada 14-21 September, adalah tahapan rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap dan selanjutnya kami umumkan penetapan DPT Pilkada Serentak 2024 pada 22 September hingga 27 November,” pungkasnya. (Ozi)