Share

BONDOWOSO– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso menetapkan DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) Pemilu 2019 sebanyak 589.056. Rinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 283.095 dan pemilih perempuan 305.961. DPSHP ini tersebar di 2.995 TPS.

Hairul Anam, Ketua Komisioner KPU Bondowoso, menguraikan, jumlah ini bertambah dari DPS yang ditetapkan sebelumnya. Karena berdasarkan aturan di KPU, bahwa kabupaten atau kota yang menyelenggarakan Pilkada, maka dari DPS yang sudah ditetapkan sebelumnya ditambah dengan pemilih baru yang di dalamnya ada pemilih DPTb, sekitar 6.969.

“Ada pemilih DPTb, pengguna hak pilih yang menggunakan KTP elektronik pada penyelenggaraan pilkada serentak 2018, kemudian dikurangi dengan pemilih-pemilih yang TMS,”urainya pada Memo Indoesia.

Selanjutnya, KPU akan mengumumkan penetapan DPSHP, untuk memperoleh masukan dari masyarakat. Hal ini kaitannya mungkin ada pemilih yang masih belum masuk dalam data DPSHP atau mungkin ada pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat. Seperti, meninggal dunia.

Hairul Anam pun mengajak masyarakat yang ingin memeriksa apakah yang bersangkutan sudah masuk ke dalam data DPSHP atau tidak dengan mengunjungi infopemilu.com.

“ Bisa masuk di infopemilu. Cukup dengan memasukkan dengan NIK yang tertera di KTP elektronik. Bisa melakukan pemantuan disana. Jika belum masuk, untk segera melalporkan baik di PPS, PPK, atau bisa langsung ke KPU dengan membawa KTP elektronik atau suket,”pungkasnya. (och)