Share

 

BONDOWOSO – Sebanyak 46 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dilantik di Aula KPU, Rabu (2/1). Pelantikan yang berlangsung hikmat tersebut dihadiri pula oleh PJ. Sekda Agung Tri Handono dan Komandan Kodim 0822 Letkol Inf. Tarmuji.

Hairul Anam, Ketua Komisioner KPU Bondowoso, mengatakan, pelantikan PPK ini merupakan hasil dari perekrutan pasca keputusan MK. Awalnya, berdasarkan UU Nomer 7 tahun 2017, KPU diamanatkan untuk merekrut PPK dengan jumlah tiga orang untuk setiap kecamatan. Mereka telah dilantik serta melaksanakan berbagai tahapan pemilu.

“Dengan adanya keputusan dari MK, kemudian kita melantik kembali dua orang tambahan  untuk melengkapi sejumlah lima orang masing-masing kecamatan,” ungkapnya.

Ia menerangkan pasca dilantik ini anggota PPK bersama tiga orang lainnya diminta untuk melakukan sosialisasi terhadap penyelenggaraan pemilu. Pasalnya, saat ini KPU ditarget bisa mencapai 77,5 persen tingkat kehadiran pemilih. Tentu, beban untuk mencapai target tersebut haruslah bahu membahu.

“Nah salah satu tugasnya PPK dan PPS ini juga melakukan sosialisasi,” ujarnya.

Kemudian, tak kalah penting PPK juga harus melakukan pemetaan TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang harus lengkap dengan designya. Sehingga, hal tersebut bisa memudahkan pihak-pihak eksternal untuk memberikan informasi.

PJ. Sekda Agung Tri Handono, mengatakan, pemerintah daerah tentu berkewajiban mendukung berbagai hal yang menjadi agenda KPU terkait dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres.

“Tentu kita berharap dengan kehadiran kita juga bisa melihat sejauh mana tahapan ini bisa dijalankan dengan baik sekaligus diskusi mengenai situasi menjelang Pilpres dan Pileg. Dan alhamdulillah, situasinya landai-landai saja untuk wilayah Bondowoso,” pungkasnya. (Och)