Share

BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni mengapresiasi Gemerlap Undian Simpeda Bank Jatim yang mengangkat tema “Kopiforia” di Alun-alun Ki Bagus Asra, Sabtu (7/10). Menurutnya tema ini benar-benar ikon yang “Bondowoso Banget”.

“Kopiforia kira-kira adalah gabungan dari kata kopi dan euforia. Euforia itu artinya adalah luapan kegembiraan. Kopi adalah identitas Bondowoso.”

“Jadi Kopiforia merupakan luapan kegembiraan masyarakat Bondowoso Republik Kopi,” ujarnya.

Sejak 2011, kata Bupati Amin, kabupaten yang dipimpinnya telah mengembangkan klaster kopi arabika Java Ijen Raung. Tentunya selama proses pengembangan kopi, peran serta Bank Jatim, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari BRK.

Kehadiran Bank Jatim mampu mengangkat harkat martabat petani kopi. Sehingga kolaborasi para stakeholder bersama Bank Jatim, membuat kopi Bondowoso dikenal bukan hanya di Nusantara namun juga internasional.

“Bondowoso terus memacu pertumbuhan ekonomi pertanian yang berbasis masyarakat. Ini tentu diharapkan ke depan dapat mendorong percepatan kesejahteraan masyarkat,” tambah Bupati dua periode itu.

Untuk itu, ke depannya Bupati Amin berharap agar Bank Jatim bisa terus melakukan ekspansi pelayanan perbankan kepada masyarakat. Terutama memberikan kredit-kredit berbiaya murah dalam rangka mendorong ekonomi masyarakat dan UMKM.

Karena ini sudah menjadi sendi-sendi perekonomian nasional yang terbukti tangguh sekalipun telah dihantam oleh badai krisis ekonomi.

UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Karena itulah perbankan diharapkan bisa terus memacu pertumbuhan UMKM ini, lebih progresif lagi.

“Masyarakat perlu diedukasi, karena jangan sampai karena ingin simple dan mudahnya kemudian terjerat oleh rentenir. Perbankan harus lebih aktif dan progresif,” pungkasnya. (och)