SURABAYA – Sebanyak 30 orang fungsionaris Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur, berkunjung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (KPU Jatim) diterima oleh Ketua KPU Jatim , Eko Sasmito dan Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, kemarin. Kedatangan pengurus partai berlambang pohon beringin ini guna menjalin silaturahim, sekaligus koordinasi dengan jajaran KPU Jatim terkait tahapan Pemilu, yakni pendaftaran partai politik (parpol).

Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak mengatakan ada tiga maksud dan tujuan kedatangan jajarannya. Pertama, dalam rangka silaturahim dan sekaligus memperkenalkan pengurus DPD Tingkat 1 dengan jajaran KPU Jatim. “Selama masa dilantik 2016 lalu,Kami belum pernah datang silaturahim dengan jajaran KPU Jatim.Lebih tepatnya dalam rangka silaturahim saja. Biar jajaran pengurus kami kenal dengan jajaran KPU Jatim,” katanya.

Selain silaturahim,Dijelaskannya maksud dan tujuan yang kedua adalah dalam rangka memohon dan meminta arahan dari jajaran KPU Jatim, terkait dengan tahapan pendaftaran. Setidaknya dalam rangka menindaklanjuti keluhan dari DPD Partai Golkar di Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Timur. Ia menilai, dengan adanya arahan dan masukan dari KPU Jatim, bisa menjadi jawaban dari kekhawatiran pengurus yang ada di tingkat Kabupaten/Kota. “Minimal ada arahan dari KPU Jatim, apa yang akan Dilakukan pasca pendaftaran agar bisa lolos dalam masa administrasi. Setidaknya Kami mendapat gambaran,” jelas pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Ia berjanji pihaknya akan terus melakukan koordinasi aktif dengan KPU Jatim, terkait seluruh tahapan Pemilu. Salah satu komitmen menjaga komunikasi itu, sudah diawali dengan berkunjung dan silaturahim langsung ke kantor KPU Jatim.Dan pihaknya, juga sudah menunjuk Lead Officer (LO) sebagai penghubung dengan KPU Jatim. “Dalam tahapan pendaftaran, kami juga sudah mengintruksikan agar seluruh jajaran DPD Tingkat 2 Partai Golkar untuk stand by sampai dini hari,” ujarnya.

 

Baca Juga : Hari Terakhir Pendaftaran, KPU Bondowoso Cek Kelengkapan Berkas Parpol

Ditambahkannya, dalam waktu dekat juga akan mengundang KPU Jatim dalam agenda workshop yang juga dalam rangkaian acara Ulang Tahun Partai Golkar.Dalam workshop tersebut alkan membahas tentang tata cara rekapitulasi perolahan suara, pihaknya meminta agar KPU Jatim hadir sebagai nara sumber. “Banyak suara yang dari tingkat bawah yang masih belum paham hal teknis terkait tata cara perhitungan suara. Makanya kami berinisiatif mengundang KPU Jatim, untuk mengisi workshop yang membahas perhitungan suara. Undangan resmi kami susulkan,” pungkasnya.

Sementara, itu Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, mengucapkan terima kasih atas silaturahim yang dilakukan oleh jajaran pengurus DPD Partai Golkar Jawa Timur. Ia mengapresiasi, karena kedatangan yang tidak dikira dengan jumlah yang sangat banyak. “Dengan silaturahim yang dilakukan akan membuat komunikasi lebih berjalan baik dan maksimal, dalam seluruh tahapan kepemiluan, termasuk tahapan pendaftaran partai politik,” katanya.

Sejauh ini,Ditambahkannya untuk tahapan pendaftaran partai politik masih berlangsung hingga Selasa (17/10) pukul 00.00 WIB. Diharap agar partai politik bisa memaksimalkan waktu yang ada, agar bisa melalaui tahapan sesuai dengan aturan yang sudah ada. “Kami juga masih terus melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten/Kota, terkait tahapan pendaftaran politik. Seluruh partai politik, termasuk Partai Golkar kalau ada kendala bisa langsung segera koordinasi dengan KPU setempat,” pungkasnya.(sga)