Share

BONDOWOSO – Kontes ternak yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Bondowoso untuk mendorong dan merangsang peternak agar berupaya meningkatkan mutu genetik sapi-sapi ternak melalui Inseminasi Buatan (IB).

Bupati Amin Said Husni, saat sambutan dalam Kontes Ternak di Alun-alun Ki Bagus Asra, Kamis (7/9), mengatakan sapi-sapi Bondowoso telah berkembang dan menjadi sapi-sapi unggul berkat penerapan insiminasi buatan selama ini.

“Ketika sapi-sapi yang dihasilkan merupakan sapi unggul maka ini sekaligus meningkatkan nilai jual sapi itu sendiri. Sekaligus menambah dan menyejahterakan para peternak.”

“Sebagai ilustrasi pada akhir tahun 2016 lalu menurut catatan yang saya terima, pedet yang dilahirkan dari IB tercatat sekitar 46 ribu pedet. Jika masing-masing pedet ini harganya Rp 8 juta, ini harga paling rendah, kali 46 ribu ekor itu sudah hampir setengah trilliun,” jelas Bupati dua periode ini.

 

Baca Juga : Tiga Tahun Beruntun Sapi Ini Merajai Kontes Ternak

 

Ia mengharapkan agar peternak tidak henti-hentinya untuk terus memperluas wawasan melalui kegiatan-kegiatan kontes seperti ini.

“Ini sekaligus akan meningkatkan wawasan kita dalam rangka mengembangkan Bondowoso sebagai penghasil dan penyuplai daging di Jatim. Kita masih berada di posisi lima besar di Jatim,” ungkapnya.

Ia berharap dengan semakin berkembangnya peternakan di Bondowoso, ke depan mudah-mudahan bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas genetiknya.

Untuk informasi, Dinas Pertanian Bondowoso menggelar Kontes Ternak yang diikuti sedikitnya 168 ekor sapi milik peternak lokal di Alun-alun Ki Bagus Asra. Kamis (7/9) ini diumumkan juara-juara dalam tujuh kategori yang dilombakan. Di antaranya kategori induk, induk lokal, calon kereman dan kereman, pedet jantan, pedet betina, serta kategori calon induk.

Sementara terkait Populasi sapi potong kabupaten Bondowoso tahun 2016 berdasarkan data dari Dispertan yakni mencapai 215.814 ekor. Lima kecamatan dengan populasi sapi tertinggi yakni Kecamatan Cermee dengan populasi 23.537, Botolinggo 18.430, Maesan16.520, Curahdami 12.250, dan Tapen 10.648 ekor. (och)