BONDOWOSO – Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso dr M. Imron mengungkapkan jika kondisi kesehatan satu pasien positif corona terpantau stabil atau baik-baik saja. Saat ini, pasien asal Kecamatan Wringin tersebut sedang diisolasi di RSUD Koesnadi Bondowoso.

“Yang bersangkutan dalam kondisi stabil baik secara fisik kesehatannya juga baik. Kemarin sudah dilakukan pemeriksaan atau kontrol dan tadi malam sudah kita lakukan perawatan di RSUD,” ungkap dr Imron saat konfrensi pers di aula kantor setempat, Senin (6/4/2020).

dr Imron menjelaskan, pasien tersebut sebelumnya sudah melakukan karantina pribadi selama 14 hari dan telah berakhir sejak tanggal 3 April 2020. Selama menjalani karantina pribadi tidak merasakan adanya gejala. Namun hasil sweb Litbangkes yang turun 5 April kemarin menyatakan positif.

“Sebenarnya sudah selesai masa karantina. Namun berdasarkan hasil Litbangkes hasilnya positif,” jelasnya.

 

Baca Juga : Seorang Warga Bondowoso Positif Covid-19

 

Selanjutnya pasien positif tersebut akan di tes sweb ulang untuk memastikan apakah masih positif terjangkit. Jika hasil tes sweb ke-dua menunjukkan positif maka akan dipulangkan.

“Per 30 april sudah selesai 14 masa karantinanya. Namun karena harus dilakukan sweb ulang hari ini atau besok,” paparnya.

Imron menambahkan jika pasien positif tersebut sebelumnya berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala), tapi pernah kontak erat dengan orang berstatus positif baik yang sedang diisolasi maupun yang sudah meninggal dunia. Oleh sebab itu, sebelumnya Ia tidak terdeteksi sebagai PDP (Pasien Dalam Pemantauan).

Sebelumnya, pasien diketahui telah mengikuti pelatihan haji di Surabaya dan diperkirakan pernak kontak langsung dengan orang terjangkit Covid-19. (abr)